Berita  

DPKPP Kota Probolinggo Lakukan Restocking Ribuan Bibit Ikan Emas di Dua Lokasi

DPKPP Kota Probolinggo Lakukan Restocking Ribuan Bibit Ikan Emas di Dua Lokasi

SURYA.co.id|PROBOLINGGO – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo melakukan restocking bibit ikan Emas.

Kegiatan tersebut dilakukan di dua lokasi, sumber mata Gayam Kelurahan Pilang dan sumber mata air Mutiara Kelurahan Sumber Wetan.

Kepala DPKPP Kota Probolinggo, Aries Santoso mengatakan kegiatan restocking merupakan salah satu upaya mengembalikan fungsi dan peran sumber mata air sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Jumlah bibit ikan yang ditebar di dua tempat, masing-masing berjumlah 9.100 ekor ikan.

Umumnya benih ikan yang ditebar adalah jenis ikan komoditas lokal yang cocok dengan wilayah sasaran

“Dengan menebar bibit ikan untuk menjaga keseimbangan lingkungan di sekitar mata air. Jika kehidupan ikan di sumber mata air bisa berlangsung normal maka kondisi mata air tersebut masih baik,” katanya, Jumat (25/3).

Dengan restocking pula, lanjut Aries, dapat meningkatkan sumber daya ikan. Ujungnya bakal mendatangkan manfaat bagi di sekitar sumber mata air, misal melalui kegiatan , wisata, kuliner dan event besar lainnya.

“Kegiatan restocking hampir setiap tahun dilakukan. Kami berupaya agar kelangsungan hidup ikan dan pemanfaatan sumber mata air yang ada ini benar-benar dilestarikan serta diberdayakan oleh masyarakat sekitarnya,” paparnya.

Mewakili Ketua Forikan Kota Probolinggo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setiorini Sayekti mengungkapkan hal serupa.

Kegiatan restocking sebagai upaya untuk menjaga kualitas sumber mata air dan pengembangan perekonomian lokal.

“Tempat sudah bagus dan infrastrukturnya mudah dijangkau oleh masyarakat. Harapannya kelompok masyarakat yang ada di wilayah tersebut mampu memelihara benih-benih ikan yang sudah ditebar dan menjaga keberlanjutannya,” terang Rini -sapaan akrabnya-.

Rini menginginkan Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) serta masyarakat sekitar mampu memanfaatkan sumber mata air.Hal itu, selaras dengan program prioritas Wali Kota Probolinggo, yaitu pengembangan UMKM.

“Tidak hanya mampu menjaga kelestarian alam dan sumber daya ikan serta bisa dijadikan sarana strategis untuk pengembangan UMKM,” pungkasnya.



#DPKPP #Kota #Probolinggo #Lakukan #Restocking #Ribuan #Bibit #Ikan #Emas #Dua #Lokasi

Sumber : surabaya.tribunnews.com