Berita  

Pandemi Covid-19 Melandai, Jumlah Pekerja Migran Asal Kabupaten Madiun Mulai Meningkat

Pandemi Covid-19 Melandai, Jumlah Pekerja Migran Asal Kabupaten Madiun Mulai Meningkat

Maxgrosir.com, MADIUN – Jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Madiun pada tahun 2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2021.

Hal ini ditengarai terjadi lantaran kasus yang mulai turun di berbagai negara sehingga pengetatan mobilisasi mulai dilonggarkan.

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun mencatat pada tahun 2021, jumlah PMI yang terdaftar adalah sebanyak 540 orang.

Dengan rincian Hongkong 255 orang, Singapura 7 orang, Polandia 6 orang, dan Taiwan 1 orang.

“Dari jumlah itu, pada triwulan pertama (Januari-Maret), jumlah PMI yang terregistrasi adalah sebanyak 269 orang,” kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker Kabupaten Madiun, Hengky Sukarno, Jumat (25/3/2022).

Angka tersebut naik pada tahun 2022.

Baca juga: Wakil Gresik : Pengerukan Kali Lamong Meminimalisir

Hengky menyebut mulai bulan Januari hingga tanggal 20 Maret 2022, PMI yang telah teregistrasi dan siap ditempatkan sebanyak 296 orang.

“Jadi triwulan pertama tahun 2022 belum selesai, angkanya sudah lebih tinggi dibandingkan triwulan pertama tahun 2021,” tambahnya.

Selain jumlah PMI yang meningkat, negara tujuan keberangkatan para pahlawan devisa tersebut juga bertambah.

“Tahun lalu 4 negara, sekarang ke 6 negara, yaitu Hongkong, Singapura, Taiwan, Saudi Arabia, Polandia, dan Kamerun,” jelas Hengky.

Baca juga: Ketum PBNU Serukan Afghanistan Beri Hak Layak Bagi Perempuan di Bidang Pendidikan

Dari sejumlah negara tersebut, negara tujuan favorit adalah Taiwan disusul Hongkong dengan mayoritas pekerjaan berada di sektor informal.

Angka tersebut menurut Hengky berpotensi terus naik mengingat kasus Pandemi Covid-19 yang terus menurun baik di dalam negeri maupun luar negeri, terutama Taiwan dan Hongkong yang menjadi tujuan utama para PMI Kabupaten Madiun.

Selain itu jika dilihat, jumlah PMI asal Kabupaten Madiun yang mengurus registrasi sebelum Pandemi Covid-19 masih sangat jauh di atas angka-angka tersebut, yaitu di angka 2.500 hingga 3 ribu orang per tahunnya.

BACA BERITA MADIUN LAINNYA



#Pandemi #Covid19 #Melandai #Jumlah #Pekerja #Migran #Asal #Kabupaten #Madiun #Mulai #Meningkat

Sumber : surabaya.tribunnews.com