Berita  

KECANGGIHAN Jet Tempur F-15 Amerika yang akan Diborong Indonesia Setelah Beli Dassault Rafale

KECANGGIHAN Jet Tempur F-15 Amerika yang akan Diborong Indonesia Setelah Beli Dassault Rafale

SURYA.co.id – Berikut kecanggihan jet tempur F-15 milik Amerika Serikat yang akan diborong Indonesia setelah beli Dassault Rafale Perancis.

Isu pembelian jet tempur F-15 semakin menguat setelah Panglima Komando Amerika di Indo-Pasifik Laksamana John C. Aquilino datang ke Indonesia.

Melansir dari VOA Indonesia, menjawab pertanyaan soal perkembangan rencana penjualan 36 pesawat jet tempur F15EX dan peralatan militer ke Indonesia bernilai 13,9 miliar dolar atau sekitar 200,8 triliun rupiah, Aquilino menjawab belum memiliki kepastian soal kapan proses penjualan ini akan dilakukan.

“Saya cukup beruntung sempat bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia tadi (Senin 21 Maret) dan bersama Jenderal Andika, kami bekerja dengan pejabat-pejabat Indonesia untuk menentukan.

Soal F-15 ini merupakan pilihan Indonesia. Kami menunggu Indonesia. Militer kita memiliki sistem yang sama sehingga dapat dioperasikan dengan sangat luwes.

Ini merupakan keputusan Indonesia, dan kami gembira dapat mendukung (apapun) keputusan tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui penjualan 36 unit jet tempur F-15ID beserta dukungan peralatannya kepada Indonesia dengan nilai 13,9 miliar dollar AS atau setara Rp 199 triliun lebih.

AS mengumumkan persetujuan penjualan 36 unit F-15 dilakukan pada hari yang sama ketika Indonesia resmi membeli enam jet Dassault Rafale asal Perancis, Kamis (10/2/2022).

Mengutip siaran pers Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS, Indonesia disebut telah meminta 36 jet F-15.

“Paket itu akan mencakup 36 jet, mesin cadangan, radar, pelatihan kacamata penglihatan malam dan dukungan teknis,” kata Pentagon, dikutip dari Reuters, Jumat (11/2/2022).



#KECANGGIHAN #Jet #Tempur #F15 #Amerika #yang #akan #Diborong #Indonesia #Setelah #Beli #Dassault #Rafale

Sumber : surabaya.tribunnews.com