Berita  

Tradisi Kosaran Lahan Kuburan Jelang Bulan Ramadhan di Bangkalan, Perkuat Kembali Gotong-royong

Tradisi Kosaran Lahan Kuburan Jelang Bulan Ramadhan di Bangkalan, Perkuat Kembali Gotong-royong

Maxgrosir.com, BANGKALAN – Ibarat kemunculan iklan beragam jenis sirup di televisi, kegiatan ‘kosaran’ atau tradisi bersih-bersih lahan kuburan juga menandakan Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba.

Selain momen untuk silaturahmi, kegiatan turun temurun muslim itu juga menjadi ajang untuk kembali memperkuat arti sebuah gotong royong, nilai-nilai luhur bangsa yang mulai luntur terkikis modernisasi.

Senda gurau hingga gelak tawa penuh keakraban berbaur dengan deru suara mesin-mesin pemotong rumput mewarnai kegiatan ‘kosaran’ di Makam , Kampung Jaddih Pasar, Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Sabtu (26/3/2022).

Tidak perlu dikomando, puluhan warga berusia tua dan muda saling melengkapi, berbagi tugas dengan membawa beragam perlengkapan.

Baca juga: Jelang Bulan Suci , Jumlah Penumpang Kapal ke Pulau Bawean Gresik Meningkat

Seperti arit penyabit rumput, sapu lidi, arko, hingga kuas.
Nuansa gotong royong semakin kental terasa ketika sejumlah memberikan camilan, mineral, dan buah-buahan.

“Mathor sakalangkong (terima kasih) Kak,” respon dari seorang pemuda kepada pengendara mobil jenis sedan berwarna gelap usai melempar sebungkus rokok ke arah pemuda yang tengah sibuk mengecat tembok kuburan.

Baca juga: Stok Biasa di Kota Blitar Masih Kosong

Rofik (55), warga setempat menungkapkan, beberapa warga Madura di perantauan terdekat seperti Surabaya sengaja memilih mudik hanya untuk sekedar hadir pada kegiatan ‘kosaran’ lahan kuburan menjelang momen Bulan Ramadhan.

“Setelah semua bersih, nanti di sini (makam) dilanjutkan dengan gelar rokat atau selamatan. ‘Kosaran’ lahan makam dilakukan agar sanak keluarga yang berziarah nanti merasa nyaman karena sudah bersih dari rumput dan ilalang,” terang Rofik.

BACA BERITA BANGKALAN LAINNYA



#Tradisi #Kosaran #Lahan #Kuburan #Jelang #Bulan #Ramadhan #Bangkalan #Perkuat #Kembali #Gotongroyong

Sumber : surabaya.tribunnews.com