Berita  

Misi Dagang Jatim di Gorontalo Catatkan Transaksi Rp 133 Miliar, Khofifah Boyong 14 Pelaku Usaha

Misi Dagang Jatim di Gorontalo Catatkan Transaksi Rp 133 Miliar, Khofifah Boyong 14 Pelaku Usaha

Maxgrosir.com|SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memboyong 14 pelaku usaha Jatim untuk mengikuti Misi Dagang dan Investasi antara Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Gorontalo di Maqna Hotel Gorontalo, Kamis (31/3/2022). 

Provinsi Gorontalo menjadi jujugan Misi Dagang Pemprov Jatim kali ini lantaran sejauh ini Jatim selalu surplus dalam kaitan perdagangan antar daerah dengan Provinsi Gorontalo. 

Berdasarkan data BPS, total nilai penjualan/muat dari Jawa Timur ke Gorontalo di tahun 2021 mencapai Rp 557,96 miliar.

Sedangkan nilai pembelian/bongkar dari Gorontalo ke Jawa Timur sebesar Rp 394,43 miliar. Sehingga Jatim surplus Rp 163,52 miliar. 

Benar saja dalam gelaran Misi Dagang Jatim dengan Gorontalo hari ini, dari pembukaan acara hingga pukul 16.05 WITA, transaksi yang terjadi antara pelaku usaha Jatim dengan Gorontalo mencapai Rp 133 miliar.

Nilai capaian itu terjadi dari total 58 transaksi antar pelaku usaha dua provinsi.

“Alhamdulillah, transaksi yang terjadi cukup menggembirakan. Namun yang perlu kami sampaikan sejatinya pelaksanaan misi dagang ini menjadi bagian dari upaya kita untuk melaksanakan apa yang menjadi pesan Bapak Presiden Jokowi terkait peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Kita berharap perdagangan antar provinsi menjadi pendorong kebangkitan ekonomi kita,” kata Khofifah. 

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo telah menggalakkan pelaksanaan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia. Dimana Pemprov Jatim telah  berkomitmen untuk melakukan peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui belanja daerah dengan nilai Rp 2,293 Triliun di tahun 2022 ini dan total komulatif bersama 38  kabupaten- kota ditargetkan 26,8 Trilliun rupiah.   

Dalam kegiatan ini, para pelaku usaha Jatim berbagai komoditas yang potensial untuk ditawarkan ke Gorontalo. 

Misalnya, kakao bubuk, kakao butter, olahan coklat, kakao biji, beras, jagung, kedelai, bibit tanaman, pala, hasil laut, batik Tanjung Bumi, kain ecoprint, mesin pertanian, serta peternakan ayam dan telur.



#Misi #Dagang #Jatim #Gorontalo #Catatkan #Transaksi #Miliar #Khofifah #Boyong #Pelaku #Usaha

Sumber : surabaya.tribunnews.com