Berita  

Pemkab Pasuruan Didorong Fasilitasi Pendamping Desa untuk Tingkatan Kualitas SDM

Pemkab Pasuruan Didorong Fasilitasi Pendamping Desa untuk Tingkatan Kualitas SDM

Maxgrosir.com, PASURUAN – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan Sugiarto mendorong Pemkab Pasuruan memberi perhatian khusus kepada para tenaga pendamping desa.

“Pemkab harus lebih memperhatikan pendamping desa. Pemkab harus memberi kesempatan bagi pendamping untuk lebih baik,” kata Sugiarto, Rabu (30/3/2022) siang

Pernyataan itu disampaikan politisi Partai Golkar usai menghadiri acara rapat koordinasi (rakor) pendamping desa di Kampung Pancar , Cowek, Kecamatan Purwodadi.

Sugiarto mengatakan, belum ada sentuhan serius Pemkab Pasuruan untuk meningkatkan kapasitas SDM pendamping desa selama ini. Padahal, itu sangat penting.

“Pendamping desa harus dibekali ilmu dan wawasan yang cukup agar mereka bisa bekerja maksimal di lapangan dan lebih baik ke depannya,” paparnya.

Baca juga: Ketua DPRD Jatim Kusnadi Sidak Jembatan Balun Lamongan yang Ambles

Sekretaris Fraksi Golkar ini menyebut, pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik jika memiliki perencanaan yang baik.

Perencanaan baik itu terjadi kalau SDMnya mencukupi, yakni Kades, BPD dan pendamping.

Dia juga mendorong Pemkab rutin menggelar dan memfasilitasi bimtek bagi para Kepala Desa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), dan pendamping desa untuk meningkatkan kapasitas SDMnya.

Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Pasuruan Akhmad Hidayat mengakui pernah ada dukungan dari Pemkab untuk pendamping desa, tapi perlu ditingkatkan.

“Utamanya, peningkatan kapasitas pendamping belum ada. Saya kira memang perlu ada pelatihan pendamping agar pembangunan dan pemberdayaan desa bisa lebih baik ke depan,” katanya.



#Pemkab #Pasuruan #Didorong #Fasilitasi #Pendamping #Desa #untuk #Tingkatan #Kualitas #SDM

Sumber : surabaya.tribunnews.com