Berita  

SE Bupati Larang ASN Nganjuk Ikuti Bukber atau Terima Tamu saat Perayaan Idul Fitri

SE Bupati Larang ASN Nganjuk Ikuti Bukber atau Terima Tamu saat Perayaan Idul Fitri

Maxgrosir.com, NGANJUK – Panduan bagi umat di Kabupaten Nganjuk dalam mengisi dan meningkatkan amalan di bulan puasa Ramadhan, dituangkan lewat surat edaran (SE) Nganjuk Nomor 451/1152/411.012/2022. Salah satu isi SE itu adalah mengenai larangan bagi para pejabat dan Pemkab Nganjuk mengadakan buka bersama (bukber).

SE yang merupakan tindak lanjut SE Gubernur Jawa Timur itu juga melarang para ASN membuka pintu untuk tamu saat lebaran atau perayaan Idul Fitri nanti. Tradisi membuka pintu rumah untuk menyambut tamu usai shalat Idul Fitri itu, belakangan populer dengan sebutan open house, dan itu juga dilarang.

Dan SE Bupati Nganjuk itu bukan hanya panduan ibadah dan Idul Fitri tahun 2022 untuk ASN, tetapi juga Nganjuk.

“Seperti shalat , iktikaf, tadarus Al-Quran, pengajian, zakat, infaq, sedekah, dan waqaf harus tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan ,” sebut salah satu poin SE dari Plt Bupati Nganjuk tersebut, Kamis (7/4/2022).

SE itu memang mengatur pejabat dan ASN soal bukber. Yaitu dilarang mengadakan atau menghadiri kegiatan buka bersama (bukber), sahur bersama, atau open house saat perayaan Idul Fitri. “Aturan tersebut berlaku bagi seluruh ASN Pemkab Nganjuk,” sebut Marhaen dalam SE yang ditandatanganinya tersebut.

Dan untuk takbir saat malam Idul Fitri 1443 Hijriyah, masyarakat diimbau untuk mengumandangkan di masjid atau mushala, atau di rumah masing-masing.

“Sementara untuk Shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan tetap memperhatikan prokes. Ini dikarenakan saat ini Nganjuk masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” jelasnya. ****



#Bupati #Larang #ASN #Nganjuk #Ikuti #Bukber #atau #Terima #Tamu #saat #Perayaan #Idul #Fitri

Sumber : surabaya.tribunnews.com