Berita  

Pemkot Surabaya Gelar Pasar Gotong Royong yang Libatkan UMKM hingga Distributor

Pemkot Surabaya Gelar Pasar Gotong Royong yang Libatkan UMKM hingga Distributor

 

SURYA.co.id | SURABAYA – Pemkot Surabaya menggelar Pasar Gotong Royong tahun 2022. Berkolaborasi dengan produsen dan distributor hingga UMKM, acara ini bertujuan untuk menyediakan berbagai produk dengan harga bersaing.

Acara ini digelar 4 kali di berbagai lokasi se-Surabaya. Yakni, Kecamatan Tambaksari (8-9 April), Kecamatan Karangpilang (13-14 April), Kecamatan Benowo (15-16 April), dan Kecamatan Kenjeran (22-23 April).

Melalui acara ini, Pemkot ingin mempermudah akses warga mendapatkan kebutuhan bahan pokok. Tak hanya itu, warga bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih ekonomis.

“Pada skala yang lebih luas, kegiatan ini akan dapat menekan dampak fluktuasi harga dari kelangkaan komoditas bahan pohon yang saat ini memang dirasakan oleh ,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Dinkopdag), Fauzie Mustaqiem Yos.

Di samping itu, Pemkot berharap memaksimalkan peran pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terutama, dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi di Kota Surabaya.

“Kami menyiapkan display prodik UMKM berbagai produk. Kami berupaya mendukung pemasaran produk UMKM di Kota Pahlawan,” katanya.

Pasar Gotong Royong di Kecamatan Tambaksari, merupakan yang pertama digelar di bulan suci Ramadan tahun 2022. Untuk selanjutnya, kegiatan akan berlanjut digelar di Kecamatan Karangpilang, Benowo dan terakhir Kenjeran.

Yos menerangkan, kegiatan ini sebenarnya berlangsung rutin setiap tahun di bulan Ramadan. Namun, sempat dua tahun vakum karena adahya pandemi .

Gelaran Pasar Gotong Royong ini di antaranya sukses digelar di Kecamatan Tambaksari. Sebanyak 44 pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Tambaksari terlibat dalam gelaran ini.

“Satu di antara pelaku UMKM yang terlibat itu disabilitas. Sedangkan lainnya, dari komoditi yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi (Dinkopdag),” kata Camat Tambaksari Kota Surabaya, Laksita Rini Sevriani dikonfirmasi terpisah.

Pelaku UMKM yang terlibat dalam gelaran ini terdiri dari berbagai bidang. Mulai produk dan minuman siap saji, aksesoris, pakaian hingga berbagai macam kue untuk kebutuhan lebaran.

“Produk makanan-minuman adalah yang paling banyak dijual. Begitu juga dengan kue-kue lebaran,” kata dia.

Pihaknya optimistis agenda ini memudahkan warga Kecamatan Tambaksari mendapatkan kebutuhan bahan pokok. Juga, membantunya UMKM bisa memasarkan dan memamerkan hasil produk-produknya.

“Inilah ekonomi kerakyatan yang selalu berjalan. Untuk di Kecamatan Tambaksari, berlangsung selama dua hari,” pungkasnya.



#Pemkot #Surabaya #Gelar #Pasar #Gotong #Royong #yang #Libatkan #UMKM #hingga #Distributor

Sumber : surabaya.tribunnews.com