Berita  

Berjibaku Padamkan 2 Gudang Besar di Surabaya, 6 Petugas Pemadam Luka-Luka, Berikut Kronologinya

Berjibaku Padamkan 2 Gudang Besar di Surabaya, 6 Petugas Pemadam Luka-Luka, Berikut Kronologinya

SURYA.co.id|SURABAYA – Enam orang petugas Dinas Pemadam dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya terluka saat memadamkan kebakaran Komplek Pergudangan Margomulyo Permai Blok I, Sukomanunggal, Surabaya, Selasa (12/4/2022).

Mereka bernama David dan Bambang Sutejo, yang bertugas di Pos Rayon 1. Kemudian, Farid yang bertugas di Pos Rayon 2. Kemudian, Wahyono, Yusuf, dan Imam, yang bertugas di Pos Rayon 4.

Jemari tangan mereka terpaksa dibuntal lapisan perban, akibat terkena letupan api yang membara di ruang tertutup atau lazim disebut flashover, saat berjibaku memadamkan api di gudang penyimpanan sandal bernomor Q-14.

Ada yang diperban hanya pada beberapa jemari salah satu tangannya. Tapi ada juga yang harus dibuntal perban pada hampir seluruh telapak tangan kanannya, seperti tangan kanan Farid.

Farid mengaku, seandainya ia dan lima orang teman-temannya itu terlambat tiga detik saja mengambil langkah kembali keluar dari dalam gudang. Mungkin, nyawanya tidak bakal selamat. Karena terkubur hidup-hidup dibawah tumpukan sandal siap jual dan kardus yang telah menjadi bara api.

Seingat Farid, kondisi dalam gudang tersebut laiknya rimba yang berkemelut api. Tumpukan benda yang tingginya melebihi tubuh manusia dewasa itu, telah membara.

Baca juga: Gudang Perkakas Alat Listrik di Surabaya yang Ludes Terbakar, Penyewa Gudang Rugi Rp10 Miliar

Ketika letupan flashover tersebut terjadi, hampir sebagian besar komponen bangunan di langit-langit gudang yang telah terbakar menjadi bara api itu, runtuh.

“Ya ambruk semua. Kalau kami telat 3 detik aja, kami sudah enggak bisa keluar. Karena (tumpukan) kertas bahan baku gudang di kanan kiri (kami) ambruk,” katanya saat ditemui Surya.co.id di samping ambulan PMI di lokasi, Selasa (12/4/2022).

Seingat Farid, saat melakukan pemadaman tahap pertama itu, terdapat tiga selang sumber yang menjadi ‘senjata’ utama petugas mengeksekusi kobaran api.

Setiap selang air dengan kemampuan menyemburkan debit air yang begitu kuat itu, harus dipegang oleh dua orang.



#Berjibaku #Padamkan #Gudang #Besar #Surabaya #Petugas #Pemadam #LukaLuka #Berikut #Kronologinya

Sumber : surabaya.tribunnews.com