Berita  

Rumah Sakit Lapangan Indrapura Resmi Ditutup, Total Pasien yang Sudah Dirawat 10.565

Rumah Sakit Lapangan Indrapura Resmi Ditutup, Total Pasien yang Sudah Dirawat 10.565

SURYA.co.id|SURABAYA –  Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI), atau Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II resmi ditutup pada 4 April 2022. Keputusan itu dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/237/KPTS/013/2022.

Berdasarkan data yang sudah dihimpun, total pasien yang sudah dirawat di RSLI sebanyak 10565 orang. Dengan laki-laki 6332 orang dan Perempuan 4233 orang. Total pasien yang sudah sembuh 10076 orang. Total pasien Rujuk 402 orang, total pasien Isolasi Mandiri  83 orang, total pasien meninggal 4 orang, dan total kelahiran Bayi 1  bayi

Radian Jadid, Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid 19 RSLI, menuturkan, ada beberapa pertimbangan yang digunakan Khofifah Indar Parawansa untuk mengeluarkan keputusan tersebut. Seiring dengan semakin menurun dan terkendalinya Kasus Covid 19.

“Termasuk varian omicron yang kemungkinan segera berakhir dan pertimbangan efisiensi anggaran serta akan berakhirnya masa pinjam pakai dan bangunan milik ,” ujarnya, Selasa (12/4/2022).

Menurutnya, dalam surat itu diputuskan, rumah sakit yang beralamat lengkap Jalan Indrapura nomor 17 Kelurahan Kemayoran Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya tanah serta bangunannya dikembalikan ke Kemenkes sesuai akad pinjam pakai barang milik negara.

Sedangkan semua asset RSLKI yang merupakan milik Pemprov Jatim, lanjut dia akan digunakan sesuai ketentuan perundang-undangan, serta semua sumber daya manusia yang ditugaskan sebagai sukarelawan dikembalikan ke  instansi masing-masing.

“Saya menyambut baik surat keputusan tersebut. Keputusan ibu gubernur sudah tepat dan dapat menjadi kejelasan serta kepastian hukum atas status RSLKI, setelah sempat tanpa pasien, hibernasi hingga vakum dalam beberapa bulan terakhir,” tegasnya.

Dengan SK tersebut maka jelaslah bahwa seluruh operasional dan segala hal yang terkait tugas, wewenang dan tanggung jawab seluruh personil dalam menangani Covid 19 telah selesai dan sudah saatnya relawan pendamping undur diri.

Jadid juga menyatakan, 22 bulan bukanlah waktu yang singkat untuk kebersamaan dan gotong royong para relawan kemanusiaan yang tergabung dalam RSLKI. Semua personil dibantu berbagai pihak telah bekerja maksimal mendedikasikan diri untuk berperan dalam penanganan pandemi.

“Terima kasih kepada para jurnalis dan kawan-kawan media yang sungguh luar bisa membantu kami memberitakan progres dan capaian RSLKI serta tiada henti membantu mengedukasi tentang protokol kesehatan selama masa pandemi,” terangnya.

“Terima kasih pula pada semua personil RSLKI yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, atas dedikasi dan pengabdiannya pada kemanuasiaan sehingga bisa berkolaborasi dalam tugas yang mulia ini dan hampir dua tahun ini telah menjadi sebuah keluarga besar yang saling bersinergi dan menanam kebaikan untuk sesama,” pungkasnya.



#Rumah #Sakit #Lapangan #Indrapura #Resmi #Ditutup #Total #Pasien #yang #Sudah #Dirawat

Sumber : surabaya.tribunnews.com