Berita  

Kawal Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Ditlantas Polda Jatim Maksimalkan System ETLE dan INCAR

Kawal Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Ditlantas Polda Jatim Maksimalkan System ETLE dan INCAR

Maxgrosir.com, SURABAYA – Ditlantas Polda Jatim, tetap akan memaksimalkan penindakan hukum berbasis elektronik selama berlangsungnya mudik tahun 2022.

Penindakan hukum berlalu lintas berbasis elektronik yang diterapkan itu, menggunakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan Integrated Note Capture Attitude Record (INCAR).

Mengingat berdasarkan hasil survei tentang potensi pemudik pada mudik Lebaran 2022 yang dilakukan oleh Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub).

Rencana operasi dan prediksi hasil survei, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022, dan arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei 2022.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, upaya untuk mewujudkan keamanan keselamatan dan ketertiban lalu lintas melalui penerapan tilang elektronik tersebut, dibicarakan dalam Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Semeru Tahun 2022.

Dalam rapat koordinasi yang berlangsung di Surabaya, pada Rabu (13/4/2022). Ditlantas Polda Jatim akan memaksimalkan tugas pokok jajaran ditlantas di dalam fungsi pengaturan lalu lintas, fungsi penanganan lalu lantas, dan fungsi regident.

“Dalam rakor ini dibicarakan, bagaimana mewujudkan kamseltibcamlantas bagaimana mewujudkan bisa mudik dengan aman dan bagaimana mewujudkan pelayanan pada tiap-tiap tahapan pelaksanaannya,” katanya di Surabaya, Rabu (13/4/2022).

Karena, lanjut Nico, beberapa inovasi penindakan hukum yang dilakukan oleh jajaran polda jatim yaitu ETLE dan INCAR tidak dapat berdiri sendiri.

Sehingga, harus dikoordinasikan agar dapat berjalan sesuai dengan keinginan Jenderal Prabowo, di dalam mewujudkan penegakan hukum tidak bersentuhan dengan masyarakat.

“Di dalam melakukan pelayanan registrasi dan identifikasi STNK, BPKB itu juga bisa berjalan dengan lancar. Hal ini perlu dilaksanakan rakornis,” pungkasnya.



#Kawal #Arus #Mudik #dan #Balik #Lebaran #Ditlantas #Polda #Jatim #Maksimalkan #System #ETLE #dan #INCAR

Sumber : surabaya.tribunnews.com