Berita  

Jelang Lebaran Curanmor Kambuh Lagi di Lumajang, Gasak Motor Cuma Butuh 10 Detik

Jelang Lebaran Curanmor Kambuh Lagi di Lumajang, Gasak Motor Cuma Butuh 10 Detik

SURYA.co.id|LUMAJANG kendaraan bermotor (curanmor) kembali kambuh. Menjelang Idul Fitri, kasus kriminal didominasi curanmor. Terbukti, beberapa hari lalu polisi meringkus Samidi seorang spesialis curanmor. Tak tanggung-tanggung dia sudah beraksi di 22 tempat.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, harus lebih waspada. Beberapa kejadian curanmor terjadi karena pemilik motor sembrono. Kontak motor lupa tidak dibawa pemiliknya. Bahkan, Samidi mampu menggasak motor hanya bermodal kunci T dengan kurun waktu 10 detik.

“Penting bagi pengguna motor lengkapi dengan kunci ganda. Karena maling mampu membobol motor yang sudah dikunci atau tidak dikunci stang hanya modal kunci T. Cuma butuh waktu 10 detik bisa menyalakan motor,” pesannya.

AKBP Dewa Putu menjelaskan, Samidi merupakan seorang pelaku tunggal ranmor. Warga asal Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian ini sudah terbiasa beraksi seorang diri. Meski begitu, hanya bermodal kunci T dia mengaku sudah melakukan pencurian di 22 TKP. Bahkan, hasil motor curiannya juga cukup beragam. Kebanyakan motor-motor lawas dan matik.

“Untuk masyarakat selalu waspada ketika memarkirkan kendaraan di pinggir jalan, halaman masjid, sawah, atau sekali pun rumah. Sangat dianjurkan kalau bisa pasang kunci ganda, karena mengintai di mana saja,” ujarnya.

Selain Curanmor, belakangan pencurian hewan ternak sapi juga kembali ramai. Setiap hari di ada saja warga mengadu kehilangan sapi. Banyak warga menginginkan  agar maling sapi juga segera diberantas karena sudah terlalu darurat meresahkan masyarakat.



#Jelang #Lebaran #Curanmor #Kambuh #Lagi #Lumajang #Gasak #Motor #Cuma #Butuh #Detik

Sumber : surabaya.tribunnews.com