Berita  

Usia Lebih dari 65 Tahun, Ratusan CJH Asal Lumajang Batal Berangkat ke Tanah Suci

Usia Lebih dari 65 Tahun, Ratusan CJH Asal Lumajang Batal Berangkat ke Tanah Suci

Maxgrosir.com, LUMAJANG – Berulang kali Pemerintah Indonesia menego kepada otoritas Kerajaan Arab Saudi agar menghapus batas usia maksimal 65 tahun untuk jemaah ibadah haji tahun 2022, namun tetap saja aturan tersebut sangat sulit ditawar.

Semalam, Selasa (19/4/2022), Menteri Agama (Menag) mengumumkan batasan usia tersebut sudah menjadi keputusan mutlak. Dengan begitu artinya, warga usia 65 tahun ke atas, tahun ini tak bisa ikut berangkat ke suci.

Menurut informasi, imbas dari peraturan baru tersebut, ada 116 Calon Jemaah Haji (CJH)  asal Kabupaten Lumajang tahun ini batal berangkat ke Mekah.

Ratusan CJH itu, sebelumnya sudah dua kali gagal berangkat haji karena Arab Saudi menerapkan lockdown akibat dunia dilanda pandemi sepanjang tahun 2020-2021. Sedangkan tahun ini, mereka kembali harus melapangkan hati, kursi menuju Baitullah diisi orang lain karena adanya regulasi batas usia.

Kasi Haji Kemenag Kabupaten Lumajang, Abdul Rofiq mengatakan, waiting list CJH tahun ini ada sebanyak 658 orang. Berkurangnya 116 orang karena batasan usia, otomatis tersisa 542 orang.

Kendati begitu, jumlah tersebut masih bisa berpotensi berkurang. Pasalnya, tersiar kabar Arab Saudi hanya menjatah 100 ribu kuota jemaah haji dari Indonesia. Dampaknya, membuat pemerintah terpaksa memangkas hampir 50 persen lebih antrean di setiap daerah.

Kemungkinan besar, Kabupaten Lumajang tahun ini hanya bisa memberangkatkan haji antara 200-300 orang saja.

“Sebelum-sebelumnya, 100 ribu biasanya jadi jatah Provinsi Jatim. Sekarang kuota ini jadi jatah nasional, berarti kan harus ada pemangkasan,” kata Abdul Rofiq.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lumajang, Muhammad  mengakui, bahwa aturan batas usia dan minimnya jumlah kuota yang dibuka membuat banyak pihak kecewa.

Ia meminta kepada para jamaah tetap bersabar. Aturan tersebut diyakini bentuk perhatian Pemerintah Arab Saudi untuk melindungi kesehatan jemaah haji Indonesia. Sebab, pengamatannya di lapangan, memang orang yang mudah terpapar Covid-19 yakni mereka yang lansia.

“Jadi mohon bersabar, Insya Allah di tahun berikutnya pemerintah mengambil langkah yang lebih strategis. Harapan saya, di tahun berikutnya mereka diberangkatkan dengan status menjadi jemaah prioritas,” pungkas Muslim.

 



#Usia #Lebih #dari #Tahun #Ratusan #CJH #Asal #Lumajang #Batal #Berangkat #Tanah #Suci

Sumber : surabaya.tribunnews.com