Berita  

Polisi Periksa 3 Pegawai Bank Asal Bandung Terkait Temuan Uang Baru Rp.3,7 Miliar di Mojokerto

Polisi Periksa 3 Pegawai Bank Asal Bandung Terkait Temuan Uang Baru Rp.3,7 Miliar di Mojokerto

Maxgrosir.com, MOJOKERTO – Penyidik Satreskrim Polresta Mojokerto memeriksa sebanyak 11 saksi terkait temuan uang baru senilai Rp. ,7 miliar di kawasan pintu exit Tol Mojokerto Barat (Mobar), Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

Kasat Reskrim Polresta Mojokerto, AKP Rizki Santoso mengatakan, dari 11 saksi ada tiga orang pegawai salah satu bank di Bandung, Jawa Barat.

Diduga tiga pegawai bank milik negara itu mengetahui keluar dan masuknya uang dari bank tersebut.

“Jadi ada 11 saksi yang kami mintai keterangan, yaitu tiga pihak bank, dua vendor dan enam orang saksi lainnya,” jelasnya, Sabtu (23/4/2022).

Rizki menjelaskan, terduga pelaku JE (29) asal Kabupaten ini diduga dibantu oknum pegawai bank untuk memperoleh uang baru pecahan dengan nominal Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000 dalam jumlah fantastis mencapai Rp 5 miliar. 

Modusnya, terduga pelaku JE menggunakan jasa pihak ketiga (Ekspedisi) untuk mengantarkan uang baru dari Bandung, Jawa Barat, menuju wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Di sana, terduga pelaku mengambil uang baru dibantu pegawai ekspedisi dengan mengendarai mobil Grandmax warna putih D 8348 YE.

Sebelum sampai di Sidoarjo, uang baru senilai Rp 5 miliar sudah diedarkan sekitar Rp 1,2 miliar di wilayah Nganjuk dan Jombang.

Polisi mengamankan enam orang termasuk terduga pelaku JE saat transaksi uang baru di kawasan pintu exit Tol Mojokerto Barat, Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, sekitar pukul 01.00 WIB.

Selama bulan ini, terduga pelaku JE sudah dua kali memperoleh uang baru dari bank tersebut. Uang pecahan baru yang diperoleh terduga pelaku ini diduga melanggar SOP.



#Polisi #Periksa #Pegawai #Bank #Asal #Bandung #Terkait #Temuan #Uang #Baru #Rp37 #Miliar #Mojokerto

Sumber : surabaya.tribunnews.com