Berita  

Dibantu Kejari Bangil Lewat Restorative Justice, Pelaku Penganiayaan Langsung Sujud Syukur

Dibantu Kejari Bangil Lewat Restorative Justice, Pelaku Penganiayaan Langsung Sujud Syukur

Maxgrosir.com, PASURUAN – Satu demi satu kasus pidana di bisa diselesaikan secara damai dengan penerapan keadilan restoratif atau restorative┬ájustice. Dan Yosi Panang Harjanto, pelaku di Kabupaten Pasuruan, langsung sujud syukur setelah kasus yang menjeratnya dinyatakan selesai dengan cara itu, Kamis (28/4/2022).

asal Kecamatan Bangil itu dibebaskan tanpa harus melalui tuntutan berkat mediasi yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangil Kabupaten Pasuruan. Yosi sebelumnya diamankan atas penganiyaan Yosi pada temannya, Hari Ponco.

“Terima kasih kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Pak Kajari yang sudah melakukan penghentian penuntutan,” ucap Yosi.

Yosi mengaku bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk berlebaran bersama keluarga. Ia juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. “Saya menyesal, dan saya minta maaf atas perbuatan saya kemarin. Saya janji akan menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya,” ujar Yosi.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bangil, Ramdhanu Dwiyantoro mengatakan, ada beberapa dasar yang membuat perkara ini diselesaikan lewat jalur restorative┬ájustice. “Ada beberapa alasan, pertama yang bersangkutan sudah melakukan perdamaian secara tertulis dan saling memaafkan,” papar Ramdhanu.

Selain itu, kata Ramdhanu, yang bersangkutan baru pertama kali melakukan tindakan pidana dan ancaman hukumannya tidak lebih dari 5 tahun.

“Mudah mudahan cara ini memberikan manfaat dan semoga memberikan efek jera dan yang bersangkutan tidak mengulangi kejahatannya kembali,” paparnya.

Disampaikan pula bahwa tidak semua kasus pidana bisa diusulkan untuk selesai lewat restorative justice, karena ada beberapa unsur yang harus terpenuhi dulu. ****



#Dibantu #Kejari #Bangil #Lewat #Restorative #Justice #Pelaku #Penganiayaan #Langsung #Sujud #Syukur

Sumber : surabaya.tribunnews.com