Berita  

354 Narapidana Lapas Kelas IIB Lamongan Dapat Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H

354 Narapidana Lapas Kelas IIB Lamongan Dapat Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H

SURYA.co.id, LAMONGAN – Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan () Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menerima Remisi Khusus  Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Remisi khusus ini diserahkan kepada 354 narapidana tersebut usai menjalankan ibadah Ied secara berjamaah, di Lapas setempat, pada Senin (2/5/2022), hari ini

Plt. Kalapas Lamongan, Mahrus menyampaikan bahwa pengusulan Remisi ini disampaikan melalui aplikasi Sistem Data Base Pemasyarakatan (SDP) secara cepat, transparan dan bersih tanpa adanya biaya apapun

“Untuk pengusulan Remisi kita tidak pungut biaya sepeserpun alias . Terdapat beberapa besaran pengurangan masa pidana yang diberikan ke narapidana mulai dari 15 hari, 1 bulan, 1 bulan 15 hari, hingga 2 bulan,” ujar Mahrus kepada Surya.co.id (Tribunjatim Network), Senin (2/5/2022).

Dikatakan, sesuai Pasal 1 Ayat 1 Keputusan Presiden RI, Remisi merupakan pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana, terkecuali mati dan atau pidana seumur hidup.

“Memang terdapat beberapa remisi yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana, dan salah satunya seperti Remisi Khusus Hari Raya,” terangnya.

Lebih lanjut Mahrus menuturkan, meski tiap narapidana dan anak pidana berhak mendapatkan remisi, namun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Menurutnya, hal ini berdasarkan Pasal 34 Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012.

Syaratnya harus berkelakuan baik, menjalani pidana lebih dari 6 bulan penjara, tidak menjalani hukuman disiplin selama 6 bulan terakhir yang terhitung sebelum tanggal pemberian remisi, dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas atau Rutan.

Kepada narapidana yang mendapat Remisi, Mahrus berpesan agar tetap ber perilaku baik, dan tetap mengikuti segala pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas Kelas IIB Lamongan.

Yang belum dapat Remisi, para narapidana tetap harus melaksanakan kewajibannya. ” Supaya kami dapat memenuhi hak-hak kalian agar cepat bebas dan dapat berkumpul kembali kepada keluarga. Saya juga harapkan tidak mengulangi tindak pidana kembali,” pungkasnya.(Hanif Manshuri)



#Narapidana #Lapas #Kelas #IIB #Lamongan #Dapat #Remisi #Khusus #Hari #Raya #Idul #Fitri

Sumber : surabaya.tribunnews.com