Berita  

Sambal Pecel Hj Suyati Selalu Diburu Pemudik di Kota Blitar, Bisa Habis 2 Ton Saat Lebaran

Sambal Pecel Hj Suyati Selalu Diburu Pemudik di Kota Blitar, Bisa Habis 2 Ton Saat Lebaran

Maxgrosir.com, BLITAR – Sambal Pecel menjadi salah satu oleh-oleh khas Blitar yang banyak diburu ketika pulang kampung ke Kota Blitar pada Hari Raya Idul Fitri atau

Salah satu toko yang menjadi jujukan pemudik membeli sambal pecel, yaitu di Pusat Oleh-oleh Sambal Pecel Hj Suyati Jl Cemara No 114, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. 

Hj Suyati merupakan pendiri pusat oleh-oleh yang berada di jalur alternatif Kota Blitar-Tulungagung itu. Hj Suyati telah meninggal dunia pada 2013.

Kini, usaha bumbu berbahan dasar kacang dan cabai tersebut dikelola anaknya, Hj Siti Mukayanah (60). 

“Usaha sambal pecel ini didirikan ibu (Hj Suyati) pada 1990. Ibu meninggal dunia pada 2013. Saya, sebagai generasi kedua yang meneruskan usaha ini,” kata Hj Siti Mukayanah, Kamis (5/5/2022). 

Sebelum terjadi pandemi , Pusat Oleh-oleh Sambal Pecel Hj Suyati rata-rata bisa menghabiskan dua ton sambal pecel di momen Lebaran. 

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada 2020, sempat berdampak pada penjualan Sambal Pecel Hj Suyati di momen Lebaran. 

Dua kali Lebaran di masa pandemi Covid-19, penjual sambal pecel turun drastis. 

Ketika itu, pemerintah memang melakukan pengetatan aktivitas dan dilarang untuk mencegah penyebaran Covid-19 di momen Lebaran. 

“Dua kali Lebaran lalu saya tetap produksi sambal pecel. Tapi, kondisinya sepi, tidak ada orang pulang kampung,” ujarnya. 



#Sambal #Pecel #Suyati #Selalu #Diburu #Pemudik #Kota #Blitar #Bisa #Habis #Ton #Saat #Lebaran

Sumber : surabaya.tribunnews.com