Berita  

Jenguk Korban Kenpark Surabaya, Menko PMK Minta Pengawasan di Lokasi Wisata Beresiko Tinggi

Jenguk Korban Kenpark Surabaya, Menko PMK Minta Pengawasan di Lokasi Wisata Beresiko Tinggi

Maxgrosir.com, SURABAYA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengunjungi korban perosotan Kenjeran Waterpark ambrol yang kini masih dirawat di RS, Minggu (8/5/2022). Dalam momentum ini, Muhadjir meminta pengelola tempat wisata untuk meningkatkan kewaspadaan.

Untuk diketahui, ada 17 orang yang terluka akibat insiden yang terjadi Sabtu (7/5/2022) ini. Sebanyak 7 orang dirawat di RSUD Dr Soetomo, 4 orang di RSUD M Soewandhie, dan lainnya diperbolehkan pulang.

Menko pun mendatangi langsung dua RS tempat para korban dirawat. Ia didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

“Sore ini, kami bersama Ibu Gubernur dan Pak Wali Kota, membesuk -anak dan beberapa orang yang mengalami insiden di Kenjeran Park. Kami cek kondisinya,” kata Muhajjir kepada wartawan.

Dari hasil komunikasi dengan dokter yang menangani, para korban telah mendapat penanganan. Beberapa di antaranya terus menunjukkan trend peningkatan kondisi. “Pasien di RS M Soewandhie Kondisinya cukup baik. Yang agak berat di sini (RSUD dr Soetomo). Namun, Insya Allah telah ditangani oleh dokter yang berkompeten,” paparnya.

Ia berharap, kejadian ini menjadi momentum pengelola tempat wisata meningkatkan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung. Baik pengecekkan secara berkala, perizinan secara administratif, hingga penyediaan petugas berkompeten di lokasi harus dipenuhi.

“Saya hanya mengimbau kepada pengelola tempat bermain. Karena saat ini merupakan puncak (massa liburan), banyak kunjungan anak dan warga ke tempat rekreasi, tolong dicek kondisi wahana yang dimiliki,” ujar Muhadjir.

“Terutama, wahana yang beresiko. Petugas betul-betul mengawasi penggunaan. Jangan sampai penggunaannya melampaui yang seharusnya. Apalagi kalau punya resiko tinggi,” kata mantan Rektor Universitas Malang ini.

Petugas di tempat permainan menjadi salah satu bentuk antisipasi terjadinya insiden. “Jangan sampai ditinggalkan. Namanya anak bermain, biasa berulah. Ada saja cara ulah anak untuk memanfaatkan wahana yang ada,” katanya

“Mudah-mudahan ini menjadi musibah yang terakhir. Tidak ada lagi,” harap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Musim tahun ini menjadi momentum pemerintah untuk membangkitkan ekonomi sekaligus menuju peralihan dari pandemi menjadi endemi. Termasuk dari melalui sektor wisata.

“Target dari pemerintah, kita upayakan Lebaran tahun ini bisa menjadi titik tolak untuk transisi dari pandemi ke endemi. Termasuk membuka fasilitas umum termasuk tempat rekreasi yang ada di Surabaya,” tandasnya. ******



#Jenguk #Korban #Kenpark #Surabaya #Menko #PMK #Minta #Pengawasan #Lokasi #Wisata #Beresiko #Tinggi

Sumber : surabaya.tribunnews.com