Berita  

Bak ‘Lebaran on Water’, Dua Desa di Lamongan Kembali Disergap Banjir Usai Hujan Deras

Bak

Maxgrosir.com, LAMONGAN – Sebagian wilayah Kabupaten Lamongan sepertinya tidak jauh dari . Bahkan setelah sempat dikepung banjir selama beberapa bulan, Lamongan kini kembali diterjang banjir tidak lama setelah masa hari raya Idul Fitri 1433 Hijriyah, yang merendam sedikitnya dua desa di dua kecamatan, Senin (9/5/2022).

Dari pantauan SURYA, ketinggian akibat gelontoran air itu menambah volume sejumlah . Akibatnya, anak sungai kembali meluber dengan ketinggian air rata – rata 45 centimeter.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, sedikitnya ada dua desa yakni Desa Tiwet di Kecamatan Kalitengah dan Desa Kemlagi Lor di Kecamatan Turi yang kembali didatangi banjir.

Ini tentu bukan di atas air atau Lebaran on Water, karena banjir merepotkan aktivitas warga di permukiman. “Ketinggian air di Desa Tiwet berkisar 15-25 centimeter, sedangkan di Desa Kemlagi Lor mencapai 30-45 centimer,” ungkap Kepala BPBD Lamongan, Gunadi kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Selain menimpa pemukiman warga, banjir juga menggenangi akses jalan poros desa hingga poros kecamatan. Akibatnya aktivitas warga mengalami sedikit gangguan. “Aktivitas warga terganggu, air menggenangi pemukiman warga. Untungnya kondisi air berangsur surut,” kata Gunadi.

Menurutnya, banjir kiriman ini terjadi karena selama dua hari yang mengguyur wilayah Lamongan. “Karena curah hujan tinggi, sementara air di wilayah Bengawan Jero juga belum sepenuhnya surut. Akibatnya anak-anak ,” paparnya.

Salah satu warga terdampak, Matsuli mengakui wilayah tempat tinggalnya kembali tergenang luapan Bengawan Jero yang tidak mempu menampung curah hujan yang mengguyur pasca Lebaran.

“Banjir lagi, air mulai meluap tadi pagi hingga ke permukiman. Banyak warga yang mogok saat memaksa menerobos banjir,” jelas Matsuli.

Sementara prediksi cuaca yang disampaikan BPBD, kalau tidak lagi ada hujan dalam sehari ini saja, maka banjir diperkirakan segera surut. Sejauh ini pemda telah melakukan upaya ekstra berupa pompanisasi yang dipasang di sudetan atau Sluis Kuro. Pompa-pompa itu tidak pernah berhenti bekerja selama terjadi banjir.

“Kita mengerahkan 4 unit pompa air di Sluis Kuro, dan semua terus memompa untuk mengurangi genangan di wilayah banjir Bengawan Jero,” tandas Gunadi. *****



#Bak #Lebaran #Water #Dua #Desa #Lamongan #Kembali #Disergap #Banjir #Usai #Hujan #Deras

Sumber : surabaya.tribunnews.com