Berita  

Tren Fandom yang Semakin Luas Mampu Pengaruhi Brand

Tren Fandom yang Semakin Luas Mampu Pengaruhi Brand

Maxgrosir.com, SURABAYA – Tren fandom atau komunitas penyuka kegiatan, topik atau objek tertentu seperti games, artis ataupun masakan saat ini semakin banyak ditemui.

Kehadiran fandom di ASEAN bukan hal yang baru, namun dengan kondisi pandemi , jumlah orang yang mengikuti komunitas fandom meningkat secara signifikan.

Hal ini menarik perhatian Hakuhodo Institute of Life and Living ASEAN (HILL ASEAN), institusi yang berada di bawah naungan salah satu perusahaan periklanan ternama di Jepang, Hakuhodo Inc untuk melakukan riset bertajuk “Into the Fandom – How Tribes of Fans will be the Next Power in Society?”.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survei kuantitatif dan kualitatif ini dilakukan di 6 (enam) negara ASEAN dan Jepang, yang menganalisa lebih dalam terkait sikap dan perilaku dari yang bergabung dalam fandom.

Devi Attamimi, Institute Director of HILL ASEAN dan Executive Director Strategy, Hakuhodo International Indonesia mengungkapkan riset ini dapat menjadi indikator berbasis fakta yang menciptakan perspektif baru dalam membantu strategi pemasaran dari produk-produk konsumen di negara-negara ASEAN.

Hal ini sejalan dengan misi dan komitmen HILL ASEAN untuk selalu mendukung aktivitas pemasaran perusahaan-perusahaan di ASEAN.

“Kami mengambil topik fandom karena fandom semakin banyak di Indonesia. Fandom ini kumpulan fans atau komunitas fans yang memiliki loyalitas tinggi terhadap kecintaan atau idola mereka. Ada potensi bagi brand untuk terlibat dalam arus fans, apalagi marketer selalu mencari segmen yang potential,” ungkapnya dalam Forum HILL ASEA, Kamis (19/5/2022).

Hasil penelitian menunjukkan, subjek fandom yang paling banyak diikuti di ASEAN selama pandemi sesuai urutan adalah K-Pop, game, dan memasak.

Secara khusus, urutan subjek fandom terbanyak di Indonesia adalah memasak, game, dan K-Pop.

Selain itu, sekitar 83persen masyarakat ASEAN juga mengakui mereka memiliki brand yang sangat disukai dan menjadi fans dari brand tersebut.



#Tren #Fandom #yang #Semakin #Luas #Mampu #Pengaruhi #Brand

Sumber : surabaya.tribunnews.com