Berita  

20 Sapi di Pademawu Pamekasan Disuntik Vitamin dan Antiobiotik untuk Cegah Penyakit Mulut dan Kuku

20 Sapi di Pademawu Pamekasan Disuntik Vitamin dan Antiobiotik untuk Cegah Penyakit Mulut dan Kuku

Berita Pamekasan

SURYA.co.id, PAMEKASAN – Polsek Pademawu ikut bergerak menangani kasus  mulut dan kuku () yang menimpa hewan di Pamekasan.

Ps Kapolsek Pademawu, Iptu D Riawanto, mengatakan langjah ini dilakukan bersama tim Dinas Kesehatan Hewan Pamekasan.

Ia didampingi Banit Intelkam Polsek Pademawu dan Koordinator Paramedik Kecamatan Pademawu, turun langsung sosialisasi dan mengawal penyuntikan vitamin oleh tim Kesehatan Hewan Kantor Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan terhadap 20 ekor sapi api milik M Sidi dan Mistaj di Dusun Mangunan, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

Di lokasi, Riawanto menyaksikan langsung tahap demi tahap pengobatan yang diberi vitamin atau obat antibiotik melalui suntikan. 

“Hari ini kami meninjau langsung untuk pengobatan hewan ternak dan penyemprotan asam citrat atau asam garam (Bio Security) di seputaran kandang sapi dalam rangka mencegah virus PMK pada hewan ternak,” kata Riawanto kepada TribunMadura.com (grup SURYA.co.id), Kamis (26/5/2022).

Di tempat terpisah Kasi Humas Polres Pamekasan, AKP Nining Dyah Ps menyampaikan, penyakit PMK ini tidak menular ke manusia, melainkan menular ke sesama hewan saja.

Ia mengimbau para pemilik hewan ternak maupun peternak untuk mengisolasi serta mengkarantina seluruh hewan ternak yang terjangkit maupun masih sehat guna memberikan proteksi, sehingga penularan pada ini bisa dikendalikan. 

Menurutnya, karantina bisa dilakukan mulai dari desa yang memiliki kandang hewan ternak yang jaraknya berdekatan. 

“Penularan virus PMK ini bisa terjadi lewat udara atau Airbone yang mirip dengan , sehingga langkah antisipatifnya bisa lebih mudah tidak meluas nantinya,” imbuh Nining.

Sebagai informasi, tanda klinis penyakit PMK pada hewan ternak meliputi, demam tinggi (39-41 derajat celcius), keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, Luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, kaki pincang, luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis dan menjadi kurus.



#Sapi #Pademawu #Pamekasan #Disuntik #Vitamin #dan #Antiobiotik #untuk #Cegah #Penyakit #Mulut #dan #Kuku

Sumber : surabaya.tribunnews.com