Berita  

Pandemi Covid -9 Kian Melandai, Sektor Ekonomi Kreatif dan Seni Mulai Kembali Bergeliat

Pandemi Covid -9 Kian Melandai, Sektor Ekonomi Kreatif dan Seni Mulai Kembali Bergeliat

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA РSektor ekonomi kreatif dan dunia seni adalah salah satu sektor yang paling terasa terkena dampak pandemi selama dua tahun lebih.

Kini, dengan adanya aturan kelonggaran dari , terutama mengenai pemakaian , berdampak terhadap banyak acara yang bisa diadakan kembali secara offline.

Musisi sekaligus seniman Soraya Ghyna mengungkapkan pada 2022 ada titik terang bagi pelaku industri tersebut.

“Bagi saya sebagai para seniman dan musisi yang kerjanya di bidang hiburan, begitu susah mendapatkan job manggung. Mau produksi juga berat karena tersandung biaya yang mahal,” ujarnya, dalam acara talk show Conexxion, BG Junction, Minggu (29/5/2022).

Meski harus beradaptasi terhadap gelaran konser virtual, Soraya, menyebut, tantangan terberat adalah saat menulis lagu, karena ada dimana mana. 

“Kemarin sempat membuat video klip. Kalau mau syuting perizinannya ketat sekali. Selain itu, untuk mendapat apresiasi susah karena tidak ada konser. Dengan pandemi kian melandai, bisa menguatkan masing masing komunitas dan pelaku ekonomi¬†kreatif, untuk bisa bersinergi dan terus berkolaborasi saling mensupport,” imbuhnya.

Senada dengan Soraya, Founder Event Jawa Timur, Achmad Bondan Sugiantara, menilai, sosial media begitu penting memperkenalkan sebuah komunitas, karena pada Covid-19 banyak kegiatan yang masih terpusat atau terfokus secara online.

“Ketika ada aturan kelonggaran dari pemerintah, para komunitas harus unjuk gigi lagi. Perlu diadakan kolaborasi dengan pegiat sosial media. Adanya aturan ini, beradaptasi dengan situasi yang baru karena dua tahun dikurung pandemi, banyak event yang mulai diadakan secara offline lagi. Maka dari itu, protokol kesehatan tetap diterapkan,” imbuh Bondan.



#Pandemi #Covid #Kian #Melandai #Sektor #Ekonomi #Kreatif #dan #Seni #Mulai #Kembali #Bergeliat

Sumber : surabaya.tribunnews.com