Berita  

Bersama Kadin Jatim, Pemda Respon Cepat Implementasi Perpres 68/2022

Bersama Kadin Jatim, Pemda Respon Cepat Implementasi Perpres 68/2022

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA РDaerah (Pemda) Kabupaten dan Kota di Jawa Timur merespon cepat atas kebijakan baru Presiden Joko Widodo tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi yang tertuang dalam Peraturan Presiden  (Perpres) nomor 68 tahun 2022.

Pemda merasa perlu untuk segera mengimplementasikannya guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkompeten.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo saat acara sosialisasi pelatihan pelatih tempat kerja dalam program pendidikan vokasi bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim dan Kadin Kota Pasuruan serta IHK Trier Jerman secara daring, Senin (30/5/2022).

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Kadin Jatim dan Kadin Kota Pasuruan dalam menyosialisasikan program revitalisasi pendidikan vokasi. Ini sejalan dengan spirit kita semua, apalagi sekarang bisa dikatakan kita lagi menuju endemi, setelah dua tahun kita dalam situasi pandemi yang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tetapi juga pada sektor ekonomi. Dan jika kita lihat tingkat kita juga sangat tinggi,” ungkap Mas Adi, sapaan akrab Adi Wibowo.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat ini kota Pasuruan telah mengidentifikasi sejumlah isu strategis di kota Pasuruan.

Beberapa isu strategis yang telah diidentifikasi di antaranya yaitu pengembangan ekonomi berbasis potensi lokal dan pengurangan kemiskinan serta pengangguran, utamanya pengurangan pengangguran terdidik yang ada di Kota Pasuruan.

“Hal inilah yang menjadi konsen kami karena ketika kita lihat data hari ini, para pengangguran justru bukan dari yang tidak terdidik tetapi kebanyakan mereka yang terdidik. Sehingga yang terpenting hari ini adalah bagaimana kita mengubah paradigma dan mindset visi pendidikan kita” jelasnya.

Apresiasi yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Seksi Pendidikan Menengah Kejuruan Cabang Dinas Pendidikan Prov Jatim wilayah Pasuruan Mukarromah bahwa diskusi dan sosialisasi tentang revitalisasi program pendidikan vokasi yang dilakukan oleh Kadin Jatim bersama Kadin Kota Pasuruan bisa menjadikan spirit dan bermanfaat bagi kota Pasuruan, utamanya dalam menyiapkan SDM yang unggul dan berdaya saing.

“Ini dapat menjadi program revitalisasi pendidikan dan memperkuat reorientasi melalui pendekatan di era 4.0. Dan ini seiring dengan visi misi Gubernur Jatim ibu Khofifah Indar Parawansa yang menjadikan Jatim sebagai provinsi vokasi,” jelas Mukarromah.



#Bersama #Kadin #Jatim #Pemda #Respon #Cepat #Implementasi #Perpres

Sumber : surabaya.tribunnews.com