Berita  

Angka Stunting 27,4 Persen, Bupati Mojokerto Beber Strategi Menurunkan Sampai 14 Persen pada 2022

Angka Stunting 27,4 Persen, Bupati Mojokerto Beber Strategi Menurunkan Sampai 14 Persen pada 2022

Maxgrosir.com, MOJOKERTO – Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) menunjukan bawa angka stunting di wilayah Kabupaten Mojokerto masih sekitar 27,4 persen.

Tingginya angka stunting itu menjadi masalah yang menuntut maksimal, dan Mojokerto, Ikfina Fahmawati optimistis bisa menurunkan kasus stunting sekitar 14 persen selama 2022 ini.

Menurutnya, pemda telah menyiapkan dua strategi konvergensi sebagai upaya percepatan penurunan kasus stunting. Yakni dengan pencegahan dan memberikan perhatian khusus bagi ibu hamil yang beresiko stunting.

“Jadi ada dua strategi, bagaimana yang sudah terlanjur lahir stunting ini kita upayakan perkembangan tumbuhnya. Sehingga nanti sebelum dua tahun kita masih punya kesempatan untuk memperbaiki kondisi kecerdasannya,” ucap Ikfina saat Rembug Stunting di Pendopo Graha Maja Tama, Rabu (8/6/2022).

“Kedua, bagi yang belum lahir atau belum masuk dalam kandungan ibunya ini, diupayakan bagaimana para ibu yang mau hamil ini siap untuk hamil. Dan pada ibu-ibu yang hamil ini dalam kondisi sehat sehingga nanti ketika melahirkan tidak melahirkan yang stunting,” bebernya.

Menurut Ikfina, pihaknya fokus dalam penanganan percepatan penurunan stunting dan ditargetkan turun sebesar 14 persen dari 27,4 persen.

“Kita harus mencegah bagaimana para ibu hamil melahirkan bayi yang tidak stunting. Sebagaimana -anak stunting di bawah dua tahun bisa diupayakan agar tidak keluar dalam kondisi stunting. Kemudian bagaimana anak-anak di atas dua tahun yang sudah stunting dalam kondisi sehat, sehingga nanti tidak memperparah kondisi stunting-nya,” bebernya.

Ikfina menyebut pihaknya berkomitmen secara nyata dalam percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Ini butuh komitmen kita semuanya, karena nanti banyak melibatkan berbagai hal termasuk masalah , kondisi masalah rumahnya dan masalah pendidikan ibunya. Dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap bagaimana nanti kita mengupayakan penurunan stunting,” pungkasnya. ****



#Angka #Stunting #Persen #Bupati #Mojokerto #Beber #Strategi #Menurunkan #Sampai #Persen #pada

Sumber : surabaya.tribunnews.com