Berita  

Pakar dari ITS Ingatkan Bahaya Sampah Plastik Sekali Pakai

Pakar dari ITS Ingatkan Bahaya Sampah Plastik Sekali Pakai

Maxgrosir.com, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi menetapkan implementasi peraturan mengenai larangan penggunaan kantong plastik di Kota Surabaya per hari Kamis (9/4/2022) ini.

Mudah didapat dan lumrah digunakan oleh , sampah plastik sekali pakai nyatanya memang menimbulkan sejumlah pencemaran lingkungan yang harus segera diupayakan pengelolaannya.

Pakar di bidang pengolahan padat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Warmadewanthi menjelaskan, sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan karena sulit terurai. 

Dosen yang akrab disapa Warma tersebut mengingatkan, komponen sampah plastik dapat terpecah menjadi mikroplastik ataupun nano plastik yang bisa memengaruhi kualitas bersih.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ITS bersama Institute for Global Environmental Strategies (IGES) Jepang, sampah plastik yang masuk ke badan air pada tahun 2020 hingga 2021,, hampir mencapai 32 persen.

“Komposisi sampah plastik sekali pakai adalah yang paling tinggi dibandingkan jenis sampah plastik lainnya,” ujar dosen Departemen Teknik Lingkungan ini.

Menurutnya, meski Surabaya terkenal sebagai kota terbaik dalam pengelolaan sampah, sistem pengumpulan sampah di Surabaya juga belum mencapai 100 persen.

Hal ini yang menyebabkan sampah tercecer dan memungkinkan sampah masuk ke badan air. 

Pencemaran menjadi lebih parah ketika sampah plastik sampai ke hilir, khususnya perbatasan dan pantai, karena berpotensi menyebabkan kematian bakau dan biota yang ada di sana.

“Sampah plastik memang dapat didaur ulang. Namun, plastik sekali pakai memiliki persentase pemanfaatan yang sangat kecil,” jelasnya. 



#Pakar #dari #Ingatkan #Bahaya #Sampah #Plastik #Sekali #Pakai

Sumber : surabaya.tribunnews.com