Umum  

Tim Kementan Keliling Pasar di Aceh, Pantau Stabilitas Pangan

Tim Kementan Keliling Pasar di Aceh, Pantau Stabilitas Pangan

, maxgrosir.com – Direktur Alat Mesin Pertanian (Alsintan Kementan), Andi Nur Alam Syah bersama Dinas Pangan Provinsi Daerah Istimewa Aceh melakukan pemantauan terhadap situasi stabilitas pasokan dan di pasaran. Berkeliling dan temui para pedagang di pasar-pasar rakyat di Negeri Serambi Mekah ini, pasokan dan harga 12 bahan pokok terpantau stabil.

“Jadi kami diberi tugas oleh Bapak Mentan (Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo) mengecek langsung ke lapangan terkait ketersediaan 12 bahan pokok jelang ,” kata Andi Nur Alam Syah ditemui di sela-sela pemantauan bahan pokok di Pasar Almahira, , Kamis (21/4/2022).

Sejak Rabu, Andi sudah berkeliling dan berdialog dengan para pedagang di sejumlah pasar rakyat di Negeri Serambi Mekah ini. Pasar Induk Lambaro, yang berada di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten menjadi lokasi pertama yang dikunjunginya. Di sini, harga dan pasokan pangan terpantau stabil. 

Jebolan sarjana pertanian Universitas Gajah Mada ini pun kemudian pada hari Kamisnya lanjut ke Pasar Almahira, di Banda Aceh. Di pasar ini, Andi langsung berdialog dengan para pedagang ayam dan daging sapi yang masih berada dalam satu blok. Di sini, harga ayam masih relatif terjangkau, yakni Rp55 ribu per ekor. Begitu juga dengan harga sapi, Rp160 ribu per kilogram.

“Ini harga turun dari awal bulan lalu sebesar Rp180 ribu per kilogram. Pasokan sapi masih lancar. Pasokan dari agen lancar,” kata Andi berdasarkan informasi dari pedagang hasil dialog tersebut. 

Andi lalu beralih ke pedagang sayur mayur. Di pasar ini, harga cabe sudah berangsur turun. Untuk cabe merah Rp40 ribu dari harga sebelumnya Rp50 ribuan per kilogram. Cabe rawit juga demikian, kini menjadi Rp25 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu per kilogram. Sementara bawang putih terpantau stabil Rp28 ribu per kilogram. 

“Tapi begitu tiba ‘Meugang’, biasanya harga Kembali naik,” ujar Natsir, pedagang sayuran.

Editor : Rizqa Leony Putri

#Tim #Kementan #Keliling #Pasar #Aceh #Pantau #Stabilitas #Pangan

Sumber : aceh.inews.id