Berita  

Sidak Mamin Jelang Lebaran, Dinkes Temukan Makanan Mengandung Boraks di Kota Mojokerto

Sidak Mamin Jelang Lebaran, Dinkes Temukan Makanan Mengandung Boraks di Kota Mojokerto

Maxgrosir.com, MOJOKERTO – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana ( PPKB) Kota Mojokerto melaksanakan uji terhadap sejumlah dan minuman (Mamin) menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hasilnya, petugas menemukan sejumlah bahan makanan yang diambil sampelnya saat inspeksi mendadak (Sidak) di pasar tradisional hingga pasar modern (Supermarket)  mengandung boraks. 

Kabid Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinkes Kota Mojokerto, drg Citra Mayangsari menjelaskan, pihaknya melakukan sidak dan mengambil sampel mamin di 23 titik untuk dilakukan uji laboratorium.

“Total 23 tempat dan semuanya hasil pemeriksaan didapati mamin yang tidak layak dipasarkan,” jelasnya, Sabtu (23/4/2022).

Citra menyebut, pihaknya menemukan produk makanan kemasan kaleng dalam kondisi penyok dan berkarat di 17 tempat. Kemudian, produk yang telah kedaluwarsa, tidak berlabel dan tidak memenuhi syarat label. Bahkan, hasil uji laboratorium dari dua bahan makanan yang mengandung boraks.

“Temuan kami, produk makanan di dua tempat diduga mengandung zat berbahaya jenis boraks,” ungkapnya.

Menurut Citra, pihaknya akan menindaklanjuti terkait pelanggaran produk makanan yang mengandung boraks dan akan melayangkan surat peringatan secara tertulis terhadap pemilik swalayan tersebut.

Selain itu, Dinkes PPKB Kota Mojokerto akan memanggil pemilik swalayan untuk dilakukan pembinaan.

Jika yang bersangkutan kembali melanggar, maka akan disanksi berupa pencabutan izin usaha dan terancam pidana.

’’Kami beri peringatan tiga kali, kalau masih melanggar bisa dicabut izin operasional untuk kami usulkan ke Wali Kota Mojokerto,” tegas Citra.



#Sidak #Mamin #Jelang #Lebaran #Dinkes #Temukan #Makanan #Mengandung #Boraks #Kota #Mojokerto

Sumber : surabaya.tribunnews.com