Berita  

Ekonomi Kreatif Kota Kediri Tumbuh 16,65 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Ekonomi Kreatif Kota Kediri Tumbuh 16,65 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Maxgrosir.com, KEDIRI – Di tengah Pandemi Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri terus menggenjot pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Kota Kediri.

Tanto Wijohari, Kepala Disperdagin Kota Kediri berharap melalui upaya tersebut dapat berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan .

Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor perekonomian yang menggunakan ide dan pengetahuan berkonsep kreativitas dari manusia yang berperan sebagai faktor produksi utamanya.

“Konsep perekonomian ini lebih mengutamakan kreativitas, ide, dan pengetahuan dari sumber daya manusianya,” jelas Tanto Wijohari, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: Taman di Kota Surabaya Jadi Jujugan Wisata saat 2022

Sektor ekonomi kreatif yang berkembang sejak 2006 memiliki sumbangsih melalui pembukaan lapangan pekerjaan baru serta mengurangi angka .

Pemerintah Kota Kediri terus mengembangkan ekonomi kreatif melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi pelaksana.

Di antaranya Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMTK, Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Perumahan dan Permukiman.

“Kita punya wewenang untuk mengembangkan 5 sub sektor ekonomi kreatif yaitu industri fashion, kriya (kerajinan), , desain produk serta animasi, film dan video (FAV). Kita akan terus genjot kelima sub sektor tersebut,” tambahnya.

Baca juga: Arus Balik 2022, Jumlah Penumpang di Terminal Patria Kota Blitar Terus Bertambah

Diungkapkan, hasil perhitungan capaian pertumbuhan ekonomi kreatif Kota Kediri tahun 2021 mencapai 16,65 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Capaian tersebut jauh berada di atas target yang telah ditetapkan Disperdagin Kota Kediri pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), yakni sebesar 4 persen.



#Ekonomi #Kreatif #Kota #Kediri #Tumbuh #Persen #Tengah #Pandemi #Covid19

Sumber : surabaya.tribunnews.com