Berita  

Tips Sehat, Cara Atasi Hepatitis Misterius pada Anak, WHO Nyatakan KLB, Ini Gejalanya

Tips Sehat, Cara Atasi Hepatitis Misterius pada Anak, WHO Nyatakan KLB, Ini Gejalanya

SURYA.co.id I Penyakit hepatitis dengan penyebab yang masih misterius alias belum diketahui, muncul sejak April 2022 lalu. Penyakit ini banyak memakan korban dari kalangan -anak di Eropa, Amerika, dan Asia

Dikutip dari Laman Hellosehatcom, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) sejak 15 April 2022 lalu.

Perkemban kasus, pada awal Mei, dilaporkan telah ada 169 kasus di seluruh dunia, dengan 17 anak membutuhkan transplantasi hati dan satu kasus yang mengakibatkan kematian.

Bagaimana di Indonesia?

Hingga saat ini di Indonesia, melaporkan sebanyak lima pasien anak akibat terinfeksi hepatitis misterius akut (pembaruan terakhir 10 Mei 2022).

Melalu situs resminya, Kementerian Kesehatan pun telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan setelah adanya kasus hepatitis misterius pada anak tersebut.

Baca juga: Tips Sehat, 6 Fakta Flu : Serang , Anak Baim Wong Korbannya, Ini Cara Mengatasi

Ilustrasi hepatitis B (Freepik by user5356353)

Apa penyebab penyakit hepatitis pada anak?

Penyebab penyakit hepatitis misterius pada anak masih belum diketahui secara pasti.

Pemeriksaan diluar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Sementara itu, studi di Amerika Serikat menduga, virus ada di balik merebaknya penyakit hepatitis misterius yang menginfeksi anak-anak dengan rentan usia 1 bulan hingga 16 tahun ini.



#Tips #Sehat #Cara #Atasi #Hepatitis #Misterius #pada #Anak #Nyatakan #KLB #Ini #Gejalanya

Sumber : surabaya.tribunnews.com