Berita  

Harga Cabai Bisa Picu Inflasi, Pemkot Surabaya Siap Tambah Stok Dari Luar atau Buka Operasi Pasar

Harga Cabai Bisa Picu Inflasi, Pemkot Surabaya Siap Tambah Stok Dari Luar atau Buka Operasi Pasar

Maxgrosir.com, KOTA SURABAYA – Meski tradisi hari besar seperti Idul Fitri sudah lewat, namun kenaikan harga sejumlah komoditas , termasuk cabai, mendorong terjadinyha inflasi. Hal ini mendorong Pemkot Surabaya melakukan intervensi untuk menekan melaju inflasi, dengan cara mengendalikan harga.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur merilis hasil pemantauan Indeks Harga Konsumen (IHK) per Mei 2022. Dirilis pada 2 Juni 2022 itu, BPS menyebut sejumlah kenaikan harga bahan .

Akibatnya, IHK ikut naik sebesar 0,49 persen dibanding bulan sebelumnya. Dari yang awalnya sebesar 109,71 pada April 2022 menjadi 110,25 pada Mei 2022. Pun dengan tingkat inflasi Mei 2022 mencapai 2,79 persen, kemudian tingkat inflasi Jatim year on year (yoy)sebesar 4,24 persen.

Di Surabaya, Pemkot Surabaya mengakui adanya sejumlah komoditas yang naik. Di antaranya, cabai dan sejumlah komoditas lain. Sekalipun demikian, pemkot telah memetakan sejumlah jalan keluar.

Pertama, mendata bahan baku yang mengalami kenaikan harga. Dari komoditas tersebut, pemkot akan melihat penyebabnya. Apabila karena kekurangan stok, maka pemkot akan menyiapkan ketersediaan komditas dari daerah pemasok.

Untuk itu, kerjasama lintas daerah akan diperkuat. “Yang terpenting, melakukan kerja sama dengan kota/kabupaten penghasil komoditas (yang naik harga),” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kota Surabaya, Dewi Wahyu Wardani, Jumat (3/6/2022).

Tidak hanya mengandalkan daerah lain, produksi pertanian dalam kota juga ditingkatkan. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya telah melakukannya sebulan terakhir.

“Untuk langkah terakhir, kami kami menggelar operasi dan mendatangkan langsung komoditas dari luar kota atau distributor,” jelas Dewi.

Saat ini, pemkot juga menyiapkan stok komoditas pangan di gudang milik Pemkot. “Kami mendata ulang sehingga tahu jumlah persediaannya dan tujuan distribusi,” terangnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya, Irvan Widyanto menambahkan bahwa antisipasi akan dilakukan lintas dinas. Tak hanya dinas, namun juga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), BPS Surabaya, (BI) Provinsi Jatim hingga akademisi.

Selain DKPP, jajaran di Pemkot Surabaya yang turun tangan di antaranya Dinas Koperasi dan Perdagangan (Dinkopdag), Perusahaan Pasar Surya dan PD Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya.

“Hari ini kami gelar rapat koordinasi. Hasil dari rapat kita bawa ke Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Setelah masalah dipetakan, selanjutnya kami cari solusi,” kata Irvan, Jumat (3/6/2022). ****



#Harga #Cabai #Bisa #Picu #Inflasi #Pemkot #Surabaya #Siap #Tambah #Stok #Dari #Luar #atau #Buka #Operasi #Pasar

Sumber : surabaya.tribunnews.com