Berita  

Tidak Hapal Doa Qunut Subuh, Buya Yahya: Anda Bisa Ganti dengan Doa Apa Saja

Tidak Hapal Doa Qunut Subuh, Buya Yahya: Anda Bisa Ganti dengan Doa Apa Saja

Maxgrosir.com – Doa Qunut adalah doa yang dibaca dengan posisi tegak berdiri, tepatnya setelah i’tidal ‘robbana lakal hamdu’.

Menurut pendapat Imam Syafi’i, pendapat yang paling masyhur dan banyak dianut Indonesia, membaca Doa Qunut Subuh dalam sholat hukumnya Sunnah Ab’ad. Kesunnahan yang apabila ditinggalkan maka wajib menggantinya dengan Sujud Sahwi.

Lantas bagaimana jika tidak hapal Doa Qunut? Buya Yahya sebutkan Doa Qunut pendek lainnya.

Diketahui Doa Qunut yang populer adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَاأَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ، فَاِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَيَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari yang Engkau Pastikan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala Puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas beserta keluarganya”.

Baca juga: Lupa Baca Doa Qunut Subuh? Lakukan Sujud Sahwi, Ini Penjelasan

Tidak Hapal Doa Qunut

Buya Yahya, dalam ceramahnya yang diunggah di akun Instagram @kajianustadabdulsomad pada 10 November 2021 menjelaskan, boleh membaca doa lainnya lainnya, apabila tidak hapal Doa Qunut.

“Bagi Anda yang tidak hafal allahummahdinni, Anda bisa ganti dengan doa apa saja,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya lantan mencontohkan doa lainnya.

Rabbana Atina Fidduniyah Hasanah, Wafil akhirati hasanah waqinah azabannar, sudah selesai” tutur Buya Hamka.

Buya Yahya lantas menjelaskan apabila malu karena hal tersebut, maka bisa mengucapkannya secara perlahan.

“Jadi jangan anggap doa qunut itu allahummmahdinni saja, itu bagi yang hafal. Bagi Anda yang tidak hafal, maka cukup membaca Rabbana Atina Fiduniyah Hasanah. Kalau Anda takut dibilang tidak hafal, ya pelan-pelan saja,” jelas Buya Yahya.



#Tidak #Hapal #Doa #Qunut #Subuh #Buya #Yahya #Anda #Bisa #Ganti #dengan #Doa #Apa #Saja

Sumber : surabaya.tribunnews.com