Berita  

Sekjen Kemenag RI Berangkatkan Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya

Sekjen Kemenag RI Berangkatkan Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya

SURYA.co.id|SURABAYA – Jamaah kloter 1 asal Kabupaten Tuban diberangkatkan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nizar Ali, pada Sabtu (4/6/2022) dini hari, di halaman Graha Bir Ali Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Setidaknya, ada empat hal yang Nizar pesankan kepada seluruh , diantaranya adalah meluruskan niat ibadah haji hanya karena ridlo Allah.

” Karena ini adalah perjalanan ritual, maka mari niatkan dalam hati batin kita hanya karena Allah SWT,” ujar Nizar didampingi Kakanwil Kemenag Jatim, Tenaga Ahli Menteri Agama RI serta sejumlah pejabat lainnya.
 
Selain itu, Nizar meminta kepada jamaah haji untuk bisa menggunakan waktu sebaik mungkin selama di suci untuk mendapatkan ridha Allah.

” Tahun ini kuota yang didapatkan 46 persen dari biasanya. Tahun sebelumnya jamaah di Arab Saudi tumpah ruah, tahun ini hanya 1 juta sehingga jamaah haji bisa ibadah dengan nyaman. Maka, gunakan waktu sebaik mungkin, terangnya.

Ketiga, ia berharap agar jemaah haji Jawa Timur sebagai duta bangsa Indonesia dapat menjaga dan mengharumkan nama baik negara. 

“Tuban sebagai prototype dari Indonesia, tunjukkan bahwa Indonesia itu baik dan ramah,” ujarnya

Baginya, seluruh jemaah haji senantiasa diberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan rukun, wajib serta sunnah haji dan menjadi haji mabrur.

Sementara itu, Husnul Maram selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melaporkan jumlah jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Tuban terdiri dari 445 jamaah haji dan 4 orang petugas kloter.

Kloter 1 akan diberangkatkan ke Juanda Surabaya menggunakan 10 armada , serta 1 bus khusus untuk jamaah dengan resiko tinggi. 

Embarkasi Surabaya pada tahun ini akan memberangkatkan 38 kloter, dan semua jamaah dinyatakan sehat dan lengkap vaksin serta hasil pcr negatif.



#Sekjen #Kemenag #Berangkatkan #Jamaah #Haji #Kloter #Embarkasi #Surabaya

Sumber : surabaya.tribunnews.com