Berita  

Eri Cahyadi Bebas Tugaskan Petinggi Satpol PP Surabaya yang Gelapkan Barang Hasil Penertiban

Eri Cahyadi Bebas Tugaskan Petinggi Satpol PP Surabaya yang Gelapkan Barang Hasil Penertiban

 

SURYA.co.id | SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah membebastugaskan oknum yang diduga menjual barang hasil penertiban. Saat ini, Pemkot juga telah berkolaborasi dengan kepolisian dalam penyelesaian kasus ini.

Mas Eri telah menginstruksikan jajaran di Satpol PP untuk menggantikan tugas oknum tersebut. Sekalipun, yang bersangkutan masih tercatat sebagai . “Sementara yang bersangkutan kami bebas tugaskan,” kata Mas Eri di Surabaya, Minggu (5/6/2022).

Untuk sementara, tugas oknum petinggi Satpol PP ini akan diambil alih pejabat lainnya. “Sehingga tidak campur. Bisa dipegang kabid (Kepala Bidang) atau kasi (Kepala Seksi) lainnya,” katanya.

Langkah ini diambil agar oknum yang bersangkutan bisa fokus dalam penyelesaian kasus ini. Mengingat, kasus tersebut telah ditangani pihak inspektorat hingga kepolisian.

Apabila terbukti, maka oknum ini akan menerima sanksi dari dua instansi tersebut sebagai aturan yang berlaku. “Kami sudah koordinasi dengan Kepolisian. Selain proses pidana, juga ada proses inspektorat terkait kedisiplinan harus dijalankan,” kata Mas Eri.

Sebelumnya, Kasus seorang oknum petinggi Satpol PP di Kota Surabaya yang diduga menjual barang penertiban di luar prosedur kini masuk kepolisian. Selain berpotensi masuk ranah pidana, sanksi administrasi hingga pemecatan membayangi.

Kasus ini telah dilaporkan secara langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya Eddy Christijanto ke kepolisian, Kamis (2/6/2022) lalu. ”Kami minta Polrestabes Surabaya untuk melakukan penyelidikan terhadap permasalahan tersebut,” kata Eddy di Surabaya, Sabtu (4/6/2022).

Selain kepada kepolisian, oknum tersebut juga telah dilaporkan kepada Inspektorat Pemkot Surabaya. Mengacu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), sanksi yang disiapkan bisa berujung pemecatan apabila terbukti melakukan tindakan pidana.

”Saat ini sedang diproses di Inspektorat dan Polrestabes Surabaya. Proses selanjutnya, kami serahkan kepada Inspektorat dan Polrestabes Surabaya,” katanya.

Untuk diketahui, seorang oknum petinggi Satpol PP Kota Surabaya diduga menjual hasil barang penertiban di luar prosedur. Diduga, total nilai barang yang dijual mencapai ratusan juta rupiah.

Hal ini disampaikan salah satu perwakilan dari Komunitas Peduli Surabaya, Julianto. Julianto berharap tindakan oknum petinggi Satpol PP ini segera ditangani serius oleh Kepala Satpol PP Surabaya, Inspektorat Surabaya, dan juga pihak kepolisian.

Sebab, hal itu sudah menyalahi aturan dan itu sudah bisa masuk ke dalam ranah . “Oknum ini sudah ASN dan pasti pendapatannya sudah tinggi. Masa masih kurang (penghasilan) aja? Apalagi ini warga baru mau bergerak perekonomiannya, mana rasa simpati dan empatinya?” kata Julianto sebelumnya.

 

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google SURYA.co.id



#Eri #Cahyadi #Bebas #Tugaskan #Petinggi #Satpol #Surabaya #yang #Gelapkan #Barang #Hasil #Penertiban

Sumber : surabaya.tribunnews.com