Berita  

Pasukan Pelindung Freeport dari Serangan KKB Papua Diganti, 200 Personel Yonif 405/SK Siap Bertugas

Pasukan Pelindung Freeport dari Serangan KKB Papua Diganti, 200 Personel Yonif 405/SK Siap Bertugas

SURYA.co.id – Pasukan pelindung PT Freeport Indonesia dari serangan KKB Papua kini telah berganti, sebanyak 200 personel Yonif 405/SK sudah siap bertugas.

Melansir dari rilis Dispenad, Danrem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi memimpin upacara penerimaan dan pelepasan Satgas pengamananwilayah Pamwil) Obvitnas PT. Freeport Indonesia dari Yonif 315/Garuda kepada Yonif 405/SK serta pelepasan Satgas Yonmar 3 bertempat di lapangan upacara Kodim 1710/Mimika Papua diikuti oleh 200 personil dari Yonif 315/Garuda, Yonif 405/SK dan Yonmar 3.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 174/ATW Merauke, Jumat (3/6/2022), kegiatan tersebut dihadiri Kasiops Korem 174/ATW Kolonel Inf Irvan Yusri , Kasi intel Korem 174/ATW Kolonel Kav A. Edi Supriyadi, Dandim 1710/Mimika dan para pejabat TNI/POLRI garnizun Mimika.

Pada kesempatan tersebut dilakukan serah terima tugas dan tanggung jawab dan penandatanganan naskah serah terima tugas dan tanggung jawab Satgas dari Danyonif 315/Garuda kepada Letkol Inf Teguh Eko Effendi (Dansatgas Yonif 405/Surya Kusuma) dilanjutkan penyerahan dan penerimaan piagam kepada perwakilan Satgas Yonif 315/Garuda dan Satgas Mupe Yonmar 3.

Danrem 174/ATW menyampaikan apresiasi kepada Satgas Yonif 315/Garuda dan Satgas Mupe Yonmar 3 selama melaksanakan Satgas di wilayah Papua selain itu selama melaksanakan tugas, para prajurit dinilai telah berhasil membangun interaksi yang baik dengan untuk mewujudkan stabilitas keamanan.

Danrem berharap pengalaman tersebut bisa menjadi motivasi dalam menghadapi tugas di masa yang akan datang.

Kepada Satgas Yonif 405/SK yang dipercaya untuk melaksanakan tugas di wilayah Korem 174/ATW untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua dan konsep operasi yang dijalankan yaitu melalui pembinaan teritorial dan komunikasi sosial.

“Selama melaksanakan tugas harus berkoordinasi dengan Kodim dan Koramil setempat agar bisa berjalan baik” pesan Danrem.

Sebelumnya, sebanyak 111 orang prajurit Satgas Yonif 315/Garuda yang melaksanakan tugas operasi di wilayah Merauke yang diberangkatkan dari Pelabuhan Yos Sudarso Merauke menggunakan KRI Tanjung Kambani dimana sebelum naik kapal dilakukan pemeriksaan gabungan guna memastikan barang bawaan prajurit melibatkan Denpom/3 Merauke, instansi Karantina dan Balai Konsevarsi Sumber Daya Alam ( ) Merauke dipimpin langsung Kasi Intel Korem 174/ATW Kolonel Kav. A. Edi Supryadi.

Kasi Intel Korem 174/ATW mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif 315/Garuda usai pemeriksaan barang dan perlengkapan prajurit di area Pelabuhan Yos Sudarso Merauke sebelum dinaikan di atas kapal KRI Tanjung Kambani karena tidak ditemukan barang maupun hewan yang dilindungi yang dibawa prajurit Satgas Yonif 315/Garuda.



#Pasukan #Pelindung #Freeport #dari #Serangan #KKB #Papua #Diganti #Personel #Yonif #405SK #Siap #Bertugas

Sumber : surabaya.tribunnews.com