Berita  

Bagian dari Pembinaan Ormas dan LSM, Bakesbangpol Nganjuk Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi

Bagian dari Pembinaan Ormas dan LSM, Bakesbangpol Nganjuk Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi

Maxgrosir.com, NGANJUK – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nganjuk tidak lelah melakukan pengawasan dan pembinaan secara berkala terhadap Organisasi (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Hal itu dilakukan dalam rangka mematuhi dan melaksanakan undang-undang dan aturan yang ada.

Kabid Poldagri Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, Atim Swasono menjelaskan, ormas merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat dan memiliki satu visi dan misi yang ingin membangun bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional.

Organisasi Kemasyarakatan, dikatakan Atim. memiliki dasar hukum yaitu Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan yang diperjelas dengan Peraturan Nomor 58 tahun 2016 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakat.

Juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2016 tentang Organisasi Kemasyarakatan yang Didirikan oleh Warga Negara Asing. Serta Permendagri Nomor 56 Tahun 2017 tentang Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri Dan Pemerintah Daerah.

“Di sini Bakesbangpol memiliki peran bagi masyarakat yang berkelompok dan ingin menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Di antaranya untuk mengawasi dan menjamin akses ormas itu agar berjalan efektif dan efisien sesuai rencana, meningkatkan kinerja ormas, menjamin pelaksanaan fungsi dan tujuan ormas baik dalam negeri maupun asing,” kata Atim dalam talkshow di Radio Suara Anjukladang Nganjuk, Jumat (10/6/2022).

Dijelaskan Atim, pengawasan terhadap ormas ada dua, yakni pengawasan internal sesuai undang-undang yang berlaku, sehingga jangan sampai membentuk ormas tanpa mengacu pada undang-undang.

Kemudian pengawasan eksternal yang dilakukan oleh masyarakat secara langsung dan juga pemerintah, apakah kinerja ormas tersebut baik atau tidak.

“Untuk bentuk pengawasan yang bisa dilakukan oleh masyarakat, misalnya ada salah satu ormas yang melanggar aturan seperti melakukan tindakan yang anarkhis atau mencurigakan, maka bisa dilaporkan ke kantor Bakesbangpol¬†Nganjuk,” ucap Atim.

Sedangkan bentuk pengaduannya, tambah Atim, bisa secara tertulis atau datang langsung ke kantor Bakesbangpol. Selanjutnya Bakesbangpol membentuk tim untuk melakukan pengawasan di lapangan.

Dalam meningkatkan pengawasan terhadap ormas, Bakesbangpol memiliki langkah dengan membentuk tim preventif, yaitu memantau di lapangan agar tidak melakukan hal-hal di luar aturan untuk tetap menjaga situasi dan kondisi Kabupaten Nganjuk yang aman kondusif.

“Makanya, Bakesbangpol¬†Nganjuk membuka pintu seluas-luasnya, jika masyarakat ingin membentuk ormas. Kami selalu mendukung sepanjang itu sesuai aturan hukum yang berlaku, kami siap melayani. Ayo kita wujudkan Kabupaten Nganjuk yang kondusif, nyawiji dan bermartabat,” ujar Atim. *****



#Bagian #dari #Pembinaan #Ormas #dan #LSM #Bakesbangpol #Nganjuk #Ajak #Masyarakat #Ikut #Mengawasi

Sumber : surabaya.tribunnews.com