Berita  

DPRD Hadirkan Danlanud Muljono Surabaya Atas Sengketa Rumah Dinas TNI AU di Simo Gunung

DPRD Hadirkan Danlanud Muljono Surabaya Atas Sengketa Rumah Dinas TNI AU di Simo Gunung

Maxgrosir.com, SURABAYA – Komisi A DPRD Kota Surabaya menghadirkan Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Muljono Surabaya, Kolonel (Pnb) Mohammad Apon langsung dalam menyikapi sengketa rumah dinas TNI AU di Simo Gunung, Kelurahan Putat Jaya. Kecamatan Sawahan, Surabaya. 

Lembaga legislatif ini memediasi sengketa rumah dinas yang sudah berlangsung lama. Rumah-rumah itu ditempati purnawirawan dan ada juga yang disewakan. TNI AU sudah melalukan pendekatan persuasif setelah ada keputusan inkrah.

Ada sekitar 108 rumah aset milik TNI AU itu, kebanyakan masih ditempati para purnawirawan. Hadir pula Lurah serta Camat Sawahan. Perwakilan purnawirawan hadir bersama kuasa hukumnya Beli Karamoy.

“Warga purnawirawan resah, karena ada perintah pengosongan rumah dalam waktu 7×24 jam. Kalau tidak, akan ada pemutusan listrik. Sudah 15 rumah diputus aliran listriknya. Warga mempertanyakan keputusan tersebut,” kata Beli, Jumat (10/6/2022).

Beli Karamoy menegaskan, warga tetap mempertanyakan status Hak Pengelolaan (HPL) terhadap rumah tersebut dan meminta pengembalian batas wilayah rumah dinas. HPL ini yang menjadi sengketa.

“Perlu batas pasti dari BPN sebagai acuan kami untuk mengkaji lebih mendalam. Kami ingin ada pembicaraan lagi dengan Danlanud,” kata Beli.

Danlanud Apon mengatakan, setelah inkrah dilakukan upaya persuasi. Kemudian diawali pemutusan listrik dengan lebih dulu berkoordinasi dengan komando atas TNI AU.

“Forum DPRD ini membantu kami menyampaikan secara gamblang terkait kebijakan penertiban rumah dinas. Bahwa status lahan di rumah dinas sudah inkrah. Inilah fakta hukum,” ungkap Danlanud Apon.

Ia juga mengatakan, bahwa para purwirawan yang ingin menempati rumah tersebut harus mengajukan surat ijin menghuni. Syaratnya, rumah di cat biru dan tidak boleh difungsikan sebagai tempat usaha. Apalagi disewakan.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Imam Syafii mengatakan, pihaknya tidak bisa mencampuri persoalan sengketa tersebut karena sudah inkrah.

Sudah ada keputusan MA yang inkrah terkait gugatan warga terhadap hak pakai lahan (HPL) di kawasan rumah dinas tersebut.

DPRD mendorong agar ada solusi terbaik dengan penyelesian yang humanis.

“Kami tak mau terlibat dalam persoalan hukum ini. Kami membantu sebatas memediasi,” kata Imam.



#DPRD #Hadirkan #Danlanud #Muljono #Surabaya #Atas #Sengketa #Rumah #Dinas #TNI #Simo #Gunung

Sumber : surabaya.tribunnews.com