Berita  

Capaian Pajak Surabaya hingga Medio 2022 Belum Maksimal, Pemkot Berupaya Optimalkan Dua Sektor Lain

Capaian Pajak Surabaya hingga Medio 2022 Belum Maksimal, Pemkot Berupaya Optimalkan Dua Sektor Lain

Maxgrosir.com, KOTA SURABAYA – Realisasi penerimaan pajak daerah di Kota Surabaya hingga 10 Juni 2022 ternyata masih di bawah target. Karena hingga pertengahan tahun, setoran pajak masih di bawah 50 persen dari target.

Hingga awal triwulan kedua, setoran pajak di Surabaya baru mencapai Rp 1,5 triliun. Capaian ini jauh dari target tahun ini yang mencapai Rp 4,7 triliun.

“Hingga 10 Juni, setoran pajak baru tercapai Rp 1,5 triliun. Ini memang baru mencapai 31,96 persen dari target,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi, Minggu (12/6/2022).

Tidak hanya target tahunan, capaian tersebut juga masih di bawah target triwulan kedua. Yang mana, pemkot menargetkan meraih sekitar Rp 2 triliun.

“Sampai sekarang masih tercapai untuk pajak itu Rp 1,5 triliun dari target (triwulan kedua) Rp 1,96 triliun. Jadi masih 76,23 persen. Mudah-mudahan sisa beberapa hari ini kita bisa mencapai target itu,” ujar Musdiq.

Ia menargetkan, penerimaan bisa terus digenjot. Hingga akhir Juni, pihaknya optimistis bisa mencapai 41 persen dari total target tahun 2022. “Kami masih harus mengejar sekitar 10 persen, mudah-mudahan sampai akhir Juni nanti targetnya bisa tercapai,” tambahnya.

Sebab masih ada beberapa sektor pajak yang masih bisa dimaksimalkan. Sebab hingga saat ini setoran pajak beberapa sektor berada di bawah target.

Ia lantas merinci, dari total sembilan sektor pajak, penerimaan tertinggi berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Bea Perolehan Hak Atas dan Bangunan (BPHTB).

Hingga 10 Juni, pendapatan pajak dari sektor PBB sudah mencapai Rp 567 miliar atau 52 persen dari target Rp 1,42 triliun. Sedangkan untuk BPHTB, mencapai Rp 360 miliar atau sekitar 27 persen dari target Rp 1,38 triliun.

“Kalau untuk BPHTB relatif flat. Tetapi target sampai dengan Juni sekarang tercapai sekitar 27 persen. Jadi kita masih harus bekerja keras untuk BPHTB ini,” tegas Musdiq.



#Capaian #Pajak #Surabaya #hingga #Medio #Belum #Maksimal #Pemkot #Berupaya #Optimalkan #Dua #Sektor #Lain

Sumber : surabaya.tribunnews.com