Berita  

PT PJB Kembangkan Teknologi Teknologi Modifikasi Cuaca di DAS Brantas Malang

PT PJB Kembangkan Teknologi Teknologi Modifikasi Cuaca di DAS Brantas Malang

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA – PT Pembangkitan Jawa (PT PJB) Unit Pembangkitan (UP) Brantas di Malang, menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) menggunakan metode Ground Based Generator (GBG) di Daerah Aliran (DAS) Brantas.

Terobosan teknologi buatan tersebut adalah inovasi termutakhir sekaligus yang pertama kali  diterapkan di Jawa.

“TMC atau hujan buatan tersebut dimaksudkan untuk mendongkrak bauran energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga (PLTA) daerah setempat,” kata Mochamad Fauzi Iskandar, General Manager PT PJB Unit Pembangkitan Brantas, Selasa (14/6/2022).

Sebelumnya, hanya mengenal TMC menggunakan pesawat dalam menyemai natrium klorida (NaCl) ke dalam awan melalui udara.

Kini, metode TMC terbaru ini dengan menghantarkan bahan semai berupa flare ke dalam awan dari darat di hulu DAS Brantas yang topografi wilayahnya dan perbukitan.

“TMC GBG ini teknologi yang lebih pas saat ini. Kami memaksimalkan TMC dengan mengoptimalkan kondisi di wilayah sekitar. Ini kemajuan teknologi yang  disesuaikan dengan kebutuhan dan perhatian khususnya dari ,” jelas Fauzi.

Pembukaan operasional TMC GBG Wilayah Sungai Brantas di Malang, Jawa Timur, telah digelar Senin (6/6/2022).

Dengan jadwal pelaksanaan pada 6–17 Juni 2022 sebagai upaya menjaga kontinuitas suplai air waduk khususnya memasuki musim kemarau.

Upaya ini dilakukan dengan tetap berpedoman terhadap Rencana Alokasi Air Tahunan (RAAT) yang telah ditetapkan untuk memastikan volume air baku tetap terjaga secara kontinu.



#PJB #Kembangkan #Teknologi #Teknologi #Modifikasi #Cuaca #DAS #Brantas #Malang

Sumber : surabaya.tribunnews.com