Umum  

Mengenal Tari Saman: Asal, Ciri Khas, Gerakan

Tari Saman dari Aceh, Berawal Permainan Tradisional yang Jadi Sarana Dakwah hingga Warisan Budaya UNESCO

JAKARTA, maxgrosir.com merupakan salah satu tari tradisional Indonesia yang berasal dari .  Tari Saman telah ditetapkan sebagai UNESCO dalam Daftar Representatif Tak Benda pada 24 November 2011 lalu.

Sama seperti tari tradisional Indonesia lainnya, Tari Saman juga memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Tari Saman, mulai dari asal, ciri khas, hingga gerakannya.

Tari Saman: Asal, Ciri Khas, Gerakan

1. Asal Usul Tari Saman

Tari Saman merupakan tari tradisional yang berasal dari Aceh. Tari Saman ini disebut berasal dari dataran tinggi Gayo pada abad ke-14. Dalam sejumlah literatur disebutkan bahwa tarian ini dikembangkan oleh Syekh Saman yang merupakan seorang penyebar agama di Aceh.
Tari Saman merupakan pengembangan dari permainan rakyat yang disebut Pok Ane. 

Pok Ane ini sering dimainkan oleh laki-laki untuk menghabiskan waktu. Kondisi inilah yang kemudian menginspirasi Syekh Saman untuk mengembangkan permainan tersebut dengan menyisipkan syair-syair berisi pujian kepada Allah SWT. 

Tarian ini juga kemudian menjadi salah satu media dakwah pada saat itu. Tari Saman mulai dikenal luas di Indonesia pada 1974. Yakni setelah ditampilkan dalam pembukaan Taman Mini Indonesia Indah. 

2. Ciri Khas Tari Saman

Ciri khas Tari Saman terletak pada kekompakan gerakan para penarinya. Koreografi gerakan Tari Saman sangat sporadis, ritmis, namun tetap mempertahankan estetika posisi serta keluwesan para penari.

Editor : Komaruddin Bagja



#Mengenal #Tari #Saman #Asal #Ciri #Khas #Gerakan

Sumber : aceh.inews.id