Berita  

Warga Emosi Dapat Surat Tilang Surabaya Tapi Ngaku Tak Pernah ke Surabaya, Polda Jatim Ungkap Bukti

Warga Emosi Dapat Surat Tilang Surabaya Tapi Ngaku Tak Pernah ke Surabaya, Polda Jatim Ungkap Bukti

Berita Surabaya

SURYA.co.id, SURABAYA – Beberapa waktu sempat video seorang pria mengaku memperoleh surat beramplop bertuliskan Ditlantas Polda Jatim, atas dugaan pelanggaran lalu lintas di ruas jalan Kota Surabaya. 

Padahal, dalam berdurasi tidak lebih dari satu menit yang diunggah akun TikTok @ilhamsongs.

Pria tersebut mengaku tidak pernah berkendara menggunakan motornya di jalanan Kota Surabaya, karena tempat dirinya tinggal berada di luar Surabaya. 

“Iku lur tutugane, iki loh Suroboyo, kapan aku ke Suroboyo lur. Sepeda e loh beda (Ini kelanjutannya. Ini lho Surabaya, kapan saya ke Surabaya lur. Motornya aja berbeda loh),” ujar seorang bernada suara laki-laki yang tampak dalam video mengulas temuan surat tilangnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim AKBP Gathut Bowo Supriyono menegaskan, surat beramplop warna cokelat resmi dari Ditlantas Polda Jatim, bukanlah surat tilang. 

Namun, surat pemberitahuan pelanggaran lalu lintas yang baru saja dilakukan oleh seorang pengendara. 

Perilaku melanggar lalu lintas tersebut, ditangkap menggunakan kamera canggih Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) bersifat statis yang terdapat di 62 titik ruas jalan se-Jatim. 

E-TLE berbasis mobile menggunakan Integrated Note Capture Attitude Record (INCAR) yang berjumlah 52 dan telah tersebar di seluruh jajaran Polda Jatim. 

“Kami tegaskan bahwa surat yang kami kirimkan adalah bukan surat tilang. Itu adalah surat konfirmasi atau pemberitahuan (kasus pelanggaran lalu lintas yang baru dilakukan),” katanya di Mapolda Jatim, Rabu (15/6/2022). 



#Warga #Emosi #Dapat #Surat #Tilang #Surabaya #Tapi #Ngaku #Tak #Pernah #Surabaya #Polda #Jatim #Ungkap #Bukti

Sumber : surabaya.tribunnews.com